(Aceh Selatan,  Februari 2021) Kebakaran lahan di desa Padang Brahan, kec.Bakongan, kab. Aceh Selatan terjadi sejak Ahad (14/2). Informasi ini diperoleh dari salah seorang petugas pemadam kebakaran wilayah Bakongan. Siangnya, petugas resor Bakongan (Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah II Kluet Utara) melakukan groundchek di lokasi kebakaran. Titik api menyebar secara cepat dan tidak terkendali. Pukul 17.00 WIB, petugas resor Bakongan menyampaikan informasi kepada Kepala BPTN Wil. I Tapaktuan dan Kepala SPTN Wil. II Kluet Utara untuk meminta bantuan personil dan peralatan.

Lokasi kebakaran merupakan lahan gambut yang berada di areal perkebunan masyarakat (1-2 km dari batas kawasan TN Gunung Leuser), bermula pada koordinat E 0329697 N 0325495. Pemilik lahan yang telah terdata per Ahad (21/2) yaitu 6 orang di desa Padang Beurahan dan 6 orang di desa Ujung Padang.

Lahan yang terbakar makin meluas. Pada hari kedua mencapai 5 ha dan terus merembet hingga ke desa Ujung Padang dengan total luas sekitar 25 ha (hari ke-4) hingga hari ke-8, Ahad (21/2) mencapai 60 hektar. Kabut asap menyelimuti pemukiman warga yang berdekatan dengan lokasi kebakaran (Desa Ujung Padang, Padang beurahan, Keude Bakongan, Darul Ikhsan dan Desa Gampung Baroe ) .

Tim gabungan terus melakukan pencarian dan pemadaman titik api hingga saat ini (22/2). Tim terdiri dari petugas Koramil 08/Bakongan, Polsek Bakongan, Kompi B 115 R/ ML, Manggala Agni Daops Sibolangit, Pers Damkar, Polhut dan petugas BBTN Gunung Leuser.

Kendala yang dihadapi diantaranya kondisi lahan yang terbakar merupakan lahan gambut dengan ketebalan 1 s.d. 1,5 m yang sebagian besar sudah ditanami kelapa sawit; sumber air terbatas di sekitar lokasi kebakaran, asap tebal dan akses jalan sulit untuk dilalui mobil Damkar, angin kencang dan titik api semakin jauh dari jangkauan mesin pompa air.

Lagi-lagi kami menghimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar. Semoga kejadian ini melekatkan hikmah pada kita semua. 

[teks&foto©bbtngl, soloon tanjung|22022021]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories