Letak administrasi: 

Kedah adalah sebuah kawasan wisata di Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Desa Penosan Sepakat Kecamatan Blangjerang Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh, yang didominasi oleh pemandangan sawah dan pegunungan hutan pinus alami. Kedah merupakan pintu masuk ke jalur pendakian dan akses terakhir kendaraan sebelum trekking ke hutan atau mendaki Gunung Leuser. Desa ini berjarak 15 km atau 30 menit dari Blangkejeren, ibukota Kabupaten Gayo Lues. Udara yang sejuk dan dingin khas lereng pegunungan menambah daya tarik tempat ini.Luas zona pemanfaatan Jalur Pendakian Gunung Leuser sekitar 589,51 Ha. Zona pemanfaatan pendakian Gunung leuser secara pengelolaan berada di Resor Kedah, SPTN Wilayah III Blangkejeren BPTN Wilayah II Kutacane.

Koordinat: 

03°59’41,14’’ LU dan 097°15’26,62’’ BT

Aksesibilitas:

Medan – Kutacane – Blangkejeren – Kedah

Perjalanan dari Medan ke Kutacane dapat ditempuh dengan kendaraan BTN. Dilanjutkan dengan angkutan umum reguler ke Blangkejeren. Dari Blangkejeren naik angkutan umum reguler jurusan Kutapanjang/ Blang Jerango yang berjarak sekitar 9 km, selanjutnya naik becak mesin hingga ke Dusun Keudah sejauh 5 km. Perjalanan Medan-Kedah dapat ditempuh kurang lebih 12 jam.

Moda transportasi:

  1. Menggunakan kendaraan umum BTN di sekitar Jl. Djamin Ginting Medan.
  2. Menggunakan kendaraan rental (milik perorangan/biro travel).

Kondisi Fisik:

Bentang alam kawasan Pendakian Gunung Leuser merupakan perpaduanhutan  dataran tinggi hingga pegunungan. Jenis tanah diklasifikasikan terdiri dari jenis tanah Podsolik dan Litosol. Pada wilayah yang curam, terdapat batuan tanpa lapisan tanah. Bahan induk meliputi batu kapur bertufa dan batuan vulkan.

Berdasarkan klasifikasi Schmidtdan Fergusondalam Guslim (1997), kawasan ini bertipe Iklim B dengan melihat perbandingan antara bulan kering (dengan curah hujan kurang dari 60 mm) dan bulan basah (curah hujan lebih dari 100 mm). Suhu udara rata-rata dikawasan ini antara 21,1˚C – 27,5˚C dengan kelembapan nisbi antara 80 – 100 %. Musim hujan merata sepanjang tahun tanpa mengalami musim kering yang berarti dengan curah hujan rata – rata 2.000 – 3.200 mm/ tahun.

Kondisi Ekologi:

Kawasan ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi, mulai dari hutan primer Dipterocarpaceae, pinus, anggrek hutan, kantong semar dan edelweiss.Fauna yang dapat ditemui di sepanjang jalur pendakian Gunung Leuser diantaranya adalah beraneka spesies burung, kupu-kupu, anjing hutan, lintah merah, harimau sumatera, rusa, kambing hutan, babi, ular dahan, ular sanca, dan lain-lain.

Kondisi Sosial, Ekonomi dan Budaya:

MasyarakatDesa Penosan masih mempertahankan kesenian tradisional yang telah mendunia, yaitu tari samanyang sering disebut Tari Tangan Seribu. Selain itu  terdapat TarianMesekat, adalah bentuk tarian yang mengkombinasikan gerakan tangan dan badan dengan lantunan syair-syair berisi tuntunan keagamaan dan kehidupan bermayarakat. Syair-syair tersebut dilantunkan oleh para penari sambil melakukan gerakan tarian. Mesekat biasanya dimainkan oleh kaum pria. Terdapat juga kesenian Pelebatyaitu seni perang  adat alas yang memakai rotan  sebagai alat dan tameng, dengan cara saling memukul terhadap lawan. Biasanya sering dilakukan dalam upacara untuk menyambut tamu  kehormatan. Kesenianlain adalah Bangsiyang menggunakan seruling sebagai medianya. sering dilantunkan dalam acara adat seperti jagai, sebagai musik  pengiring dalam acara perkawinan namun hal ini masih sering didengar walaupun sudah jarang orang yang bisa memainkannya. Disamping itu terdapat kesenian Canang yaitu kesenian Tradisonal adat Alas yang menggunakan alat musik berupa kaleng  ataupun gamelan yang terbuat dari logam, di mainkan oleh beberapa wanita. Dan kesenian Lagam adalah salah satu kesenian suku Alas disamping berbagai kesenian tradisional lainnya yang menjadi unggulan wisata budaya di kawasan wisata alam Kedah. 

Homestay

Rain Forest Lodge Kedah 

Rumah Makan

Tersedia warung-warung makan di sekitar Kedah

Sarana dan Prasarana wisata di dalam site

Terdapat sebanyak 13 (tiga belas) titik jalur trekking dan camping ground sebagai tempat peristirahatan bagi pendaki gunung.

Aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung

Hiking, tracking ke Pucak angkasan, pendakian ke Puncak Leuser (3.119 mdpl) dan Loser (3.404 mdpl), menikmati panorama air terjun “Uning” yang memiliki ketinggian mencapai 11 meter dengan lebar 2,5 meter (pada saat musim kemarau). 

Layanan umum terdekat

Pasar, Puskesmas

Jasa Pemandu Wisata 

Kepala Resor Kedah

Erwansyah: 0852 7649 7166

Atau 

Rabudin : 0822-7471-4407

Waktu Kunjungan Terbaik

Juli – September