Akhir tahun 2020 lalu, Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah VI Besitang melakukan kegiatan penumbangan tanaman sawit dan tanaman illegal pada areal pemulihan ekosistem di wilayah kerja SPTN Wilayah VI Besitang, tepatnya di Blok Hutan Kek Ireng dan Blok Hutan Long 1, Resor Cinta Raja.

Blok Hutan Kek Ireng lokasinya berdekatan dengan lokasi Restorasi Cinta Raja. Areal bekas garapan PT. Mutiara ini dikelola oleh Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre.  Secara berkala dilakukan penumbangan terhadap tanaman sawit dan dilakukan pemulihan ekosistem. Sedangkan Blok Hutan Long 1 lokasinya berdekatan dengan lokasi Restorasi Cinta Raja 3. Blok Hutan Long 1 ini dulunya adalah lahan perambahan masyarakat yang telah diserahterimakan kepada TN Gunung Leuser untuk dilakukan pemulihan ekosistem.

Kegiatan penumbangan berlangsung selama 10 hari kegiatan, sesak tanggal 16 s.d 25 Desember 2020. Kegiatan melibatkan 30 orang petugas dari TN Gunung Leuser dan 40 orang masyarakat.

Secara teknis, pelaksanaan penumbangan dilakukan dengan pembagian tim menjadi 3 (tiga) tim yang masing-masing diketuai petugas TN Gunung Leuser yakni  Jamaluddin, Lembang F. Hutasoit dan Mika Jatmika. Tim memulai aktivitas penumbangan dari jam 8.00 wib sampai dengan jam 17.00 wib. Tiga tim bergerak di tiga area. Hal ini dilakukan untuk menghindari perjumpaan dan kecelakaan kerja karena arah tumbangan batang. Selesai pelaksanaan kegiatan, setiap malam dilakukan evaluasi dan penentuan target hari berikutnya agar pelaksanaan kegiatan selesai dengan baik.

Hasil rekapitulasi menunjukan tanaman illegal yang berhasil ditumbang di lokasi mencapai 1.415 batang dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sawit sebanyak 430 batang dengan persentase sebesar 31%,
  2. Jabon sebanyak 908 batang dengan persentase sebesar 64%,
  3. Cokelat sebanyak 3 batang dengan persentase sebesar 0%, dan
  4. Pinang sebanyak 74 batang dengan persentase sebesar 5%,

 

Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah faktor cuaca. Akhir tahun merupakan musim penghujan dengan curah hujan yang cukup tinggi. Gergaji mesin mudah terkendala akibat masuknya air kedalam mesin sehingga tidak dapat digunakan. Hal ini membuat proses penumbangan harus dihentikan.

Kendala lainnya, jenis tanaman sawit termasuk jenis tanaman yang cukup sulit ditumbangkan karena batangnya yang berserabut membuat mata gergaji mesin menjadi cepat tumpul dan perlu dilakukan pengikiran yang memakan waktu.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan, tanaman sawit atau tanaman illegal pada areal pemulihan ekosistem di wilayah kerja Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah VI Besitang di Resor Cinta Raja ini telah ditangani dengan baik.

Oleh : Hikmah Prianggara, Kepala Resor Tangkahan.

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories