(Pamah Simelir, Februari 2022) Dalam rangka pengembangan Kemitraan Konservasi, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dan Yayasan Pesona Tropis Alam Indonesia (PETAI) menggelar Mentoring dan Penguatan Interpreter Pusat Informasi Kemitraan Konservasi (PIKK) lingkup Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah VI Besitang. Kegiatan dilaksanakan sejak hari Rabu (2/2) hingga Kamis (3/2) di Rumah Ladang Simelir, kab. Langkat, Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan yang didukung TFCA Sumatera ini Plt Kepala SPTN VI Besitang didampingi 2 Penyuluh Kehutanan, jurnalis serta beberapa ketua Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) di resor Sekoci Lepan. Dalam sambutannya, Plt Kepala SPTN VI Besitang, Slamet Indarjo mengatakan KTHK di Besitang kedepan dapat menjadi contoh untuk kelompok-kelompok yang ingin membentuk KTHK.

Senada dengan Slamet, Benri (PETAI) juga berharap PIKK dapat menjadi Pusat Informasi dimana nantinya Besitang menjadi sentral untuk belajar tentang Kemitraan Konservasi.

“Jika ada yang ingin belajar tentang program KTHK dari Sabang sampai Merauke dapat belajar ke tempat kita” ujarnya.

Selama kegiatan berlangsung peserta mendapat pengetahuan mengenai pengelolaan TNGL, Pusat Informasi Kemitraan Konservasi, pola pertanian pada Areal Kemitraan serta Komunikasi Publik.

Kegiatan ditutup dengan evaluasi pelaksanaan program KTHK yang selama ini telah berjalan. Peserta juga menyusun rencana tindak lanjut untuk mempraktikkan apa yang diperoleh selama mentoring di KTHK masing-masing.

[Teks dan foto riski ©bbtngl| 03.02.2022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories