(Banda Aceh, Oktober 2022) Hari pertama kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Bidang Pertanian, Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bidang Kelautan dan Perikanan serta Bulog ke Provinsi Aceh digelar di kantor Balai Besar TN Gunung Leuser, Banda Aceh (12/10).

Gelaran agenda ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan pada Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023. Bahasan yang menjadi topik dalam pertemuan ini terkait Optimalisasi Pelaksanaan Program Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Pasca Pemindahan Kantor BBTN Gunung Leuser ke Banda Aceh.

Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV, H. Dedi Mulyadi didampingi Kepala Biro Umum KLHK, Kepala Biro Keuangan KLHK, Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi, Tenaga Ahli Menteri LHK, Kepala Dinas LHK Provinsi Aceh, Kepala UPT KLHK Lingkup Provinsi Aceh, NGO pegiat dan pemerhati konservasi di Provinsi Aceh.

Kepala Balai Besar TNGL. Dr. U Mamat Rahmat, S.Hut., MP dalam paparannya menyampaikan tentang revitalisasi ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser untuk 10 tahun ke depan sesuai dengan program dalam Rencana Pengelolaan Jangka Panjang TNGL periode 2021-2030.

Sekretaris Badan P2SDM, Ade Palguna Ruteka menjelaskan terkait kepindahan kantor BBTNGL ke Banda Aceh secara operasional telah dimulai tahun ini dan secara penuh akan dilaksanakan awal tahun anggaran 2023.

Dedi Mulyadi menyampaikan bahwa keberadaan Taman Nasional Gunung Leuser penting bagi peradaban khususnya spesies kunci. “Untuk itu terkait keterbatasan SDM dan anggaran dapat diatasi dengan komitmen dari negara”, ujarnya.

Dalam kunjungannya kali ini, Komisi IV DPR RI juga diagendakan melakukan diskusi dengan Gubernur Provinsi Aceh dan pihak-pihak terkait; mengunjungi Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo serta diskusi multipihak di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh, Banda Aceh.

(Teks&foto©bbtngl| 121022)

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories