( Langkat,   November 2022) Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser, U.Mamat Rahmat dalam kunjungan kerjanya ke BPTN Wilayah III Stabat melakukan pengecekan kondisi camping ground Bukit Lawang pada Rabu (9/11).   Ditemani tim Balai Besar, Kepala Balai Besar bertemu dengan 3 pemohon pemanfaatan SHP yaitu (PT.Leuser Hematala, CV. Berkah Alam Lestari dan Koperasi Usaha Jasa Pramuwisata Alam) di kantor Resor Bukit Lawang.

Pimpinan BBTN Gunung Leuser ini melaniutkan agendanya untuk membuka kegiatan Pelatihan Inji Warrior Camp Angkatan 2 di Rock Island, Bukit Lawang. Kegiatan akan digelar selama 5 hari dan diikuti oleh 21 mahasiswa asal Sumatera Utara dan Aceh serta petugas SPTN Wil. V Bohorok.

Dalam kesempatan tersebut, sosok yang akrab disapa “Pak Mamat” juga menyampaikan materi terkait pengelolaan TNGL kini dan nanti (10 tahun ke depan) sesuai RPJP. Ia berharap melalui kegiatan ini para mahasiswa dan petugas mendapatkan ilmu bidang jurnalistik yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat luas dan tentunya juga menggerakkan masyarakat untuk turut serta berkontribusi dalam konservasi.

Hari berikutnya, Kamis (10/11) Kepala BBTNGL mengunjungi Resor Tangkahan SPTN Wil. VI Besitang. Ini momen perdana Pak Mmat bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Desa Namo Sialang,Kepala Desa Sei Serdang, Direktur CRU, Direktur Vesswic, Ketua LPT dan juga mahasiswa kesehatan satwa dari USK, mahasiswa Biologi USU, Kepala SPTN Wil. VI Besitang, Kepala Resor dan para mahout.

Selain membahas monitoring dan evaluasi kegiatan mitra, pertemuan juga mendiskusikan perbaikan pengelolaan wisata Tangkahan seperti manajamen pengunjung, pemanfaatan feses gajah dan koordinasi antar mitra dan perangkat desa guna tercapainya pengelolaan wisata yang berkelanjutan.  “Perhatikan keamanan pengunjung juga Animal Welfare dan Animal Right saat berinteraksi dengan gajah”, pesannya.

[teks&foto©bbtngl|111122]

 

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories