(Kutacane,     Maret 2021) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser bersama Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) wilayah Kec. Ketambe dan Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara, Prov. Aceh menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) penguatan fungsi kemitraan konservasi dalam rangka pemulihan ekosistem, pada Selasa (23/3) di aula kantor Bappeda Aceh Tenggara.

Penandatanganan PKS ini merupakan tindak lanjut persetujuan Dirjen KSDAE berdasarkan surat Nomor S.104/KSDAE/KK/KSA.1/2/2021 tanggal 5 Februari 2021. Berikut 17 KTHK tersebut : 4 kelompok di Kec. Ketambe  1) KTHK Genting, 2)KTHK Galakase, 3)KTHK Selayar, 4) KTHK Aih Segiring; dan 13 kelompok di Kec. Darul Hasanah yakni 1)KTHK Mitra Alam, 2) KTHK Gayo Lestari, 3) KTHK Langkah Lestari Alam, 4)KTHK Musara Alam, 5) KTHK Muara Alam, 6) KTHK Lestari Alam, 7)KTHK Penghijauan Kembali, 8) KTHK Gunung Lestari, 9) KTHK Gunung Gitul, 10) KTHK Rambung Lestari, 11) KTHK Lestari Lawe Meruntuh, 12) KTHK Lestari, dan 13) KTHK Lestari Lawe Deski.

Selain dari pihak BBTN Gunung Leuser dan KTHK, acara juga dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Tenggara, anggota Komisi IV DPR RI, Sekretaris Daerah Kab. Aceh Tenggara, Forkopimda Aceh Tenggara, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tenggara dan Dinas Pertanian Aceh Tenggara, BPDAS Wampu Sei Ular, BPSKL Wilayah Sumatera, Kades Kuning Abadi, Kades Rambung Teldak, Kades Rambung Jaya, Kades Tanjung Leuser serta mitra BBTNGL dan pendamping KTHK.

 

Dalam sambutannya, anggota Komisi IV DPR RI yang berasal dari Aceh Tenggara, Salim Fahry, mengatakan bahwa hari ini merupakan hari yang berbahagia bagi masyarakat Aceh Tenggara khususnya, setelah melewati proses selama 6 bulan.

“TNGL merupakan paru-paru dunia, Sedikit ada kerusakan akan menjadi bencana. Jika hutan kita jaga, masyarakat akan sejahtera. Dengan KTHK ini saya harap masyarakat dapat mengambil manfaat dari TN Gunung Leuser”, jelasnya.

Kepala BBTN Gunung Leuser, Jefry Susyafrianto mengatakan bahwa program kemitraan konservasi ini bertujuan untuk menyelesaikan konflik tenurial kawasan hutan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi. Jefry berpesan agar masyarakat melaksanakan kewajiban yang tertuang dalam perjanjian kerjasama.

Sebelumnya, KTHK yang telah menjalin kerjasama kemitraan konservasi dengan BBTN Gunung Leuser di kab. Aceh Tenggara adalah sebanyak 4 KTHK. Dengan bertambahnya 17 KTHK ini menjadi 21 KTHK. Sedangkan secara keseluruhan lingkup BBTN Gunung Leuser baik di provinsi Aceh maupun Sumatra Utara telah terjalin kerjasama kemitraan konservasi dengan 56 KTHK.

[Teks & foto ©BBTNGL, subbag PKS | 22032021]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories