(Lawe Gurah,  Mei 2022) Balai Besar TN Gunung Leuser menggelar kegiatan bimbingan teknis bantuan ekonomi produktif kepada kelompok masyarakat sekitar kawasan TN Gunung Leuser wilayah kabupaten Aceh Tenggara, pada Senin (16/5).

Acara yang berlangsung di Lawe Gurah, Desa Ketambe, Kec.Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Provinsi Aceh ini dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Plt.Dirjen KSDAE, Direktur Pengelolaan KK, Direktur Perencanaan KK, Bupati Aceh Tenggara dan perwakilan pejabat pemerintahan lingkup kabupaten Aceh Tenggara, pejabat lingkup BBTN Gunung Leuser, Kepala BKSDA Aceh dan perwakilan UPT KSDAE lingkup Sumbagut, Ketua dan anggota kelompok masyarakat penerima bantuan ekonomi produktif serta tokoh masyarakat Kec.Ketambe, Aceh Tenggara.

Anggota Komisi IV DPR RI H.M. Salim Fakhry,S.E.,M.M dalam sambutannya menyampaikan komitmen Komisi IV DPR dalam mendukung program KLHK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan hutan secara lestari serta peningkatan ekonomi produktif.

Bupati Aceh Tenggara juga menyambut baik program peningkatan ekonomi produktif ini serta siap dan selalu bersinergi dengan BBTN Gunung Leuser baik dalam pengelolaan wisata Lawe Gurah juga pengelolaan hutan secara berkelanjutan termasuk program kemitraan konservasi yang telah berjalan dengan baik.

Dr.Ir. Bambang Hendroyono,S.Hut, M.M. dalam arahannya menyebutkan peningkatan usaha ekonomi produktif ini salah satu program unggulan yang digagas bersama dengan Komisi IV DPR sebagai komitmen KLHK dalam pengelolaan kawasan konservasi berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan.

“Program ini harus tetap memperhatikan zonasi yang ada di TN Gunung Leuser dan tentu saja termasuk status TNGL sebagai warisan dunia”, ujar Plt. Dirjen KSDAE ini. Kegiatan ini diharapkan menjadi proses pembelajaran bagi UPT lingkup KSDAE wilayah Sumbagut yang ikut hadir terkait pola-pola pengelolaan kawasan konservasi yang dapat diimplementasikan di wilayah masing-masing.

Secara simbolis, bantuan usaha ekonomi produktif senilai 40 juta rupiah per kelompok diserahkan Anggota Komisi IV DPR RI, Plt.Dirjen KSDAE, Bupati Aceh Tenggara dan Kapolres Aceh Tenggara kepada empat kelompok masyarakat. Bantuan ini untuk mendukung usaha kelompok yang masing-masing bergerak dalam bidang pengolahan keripik pisang, budidaya lebah madu, persemaian dan usaha wisata. Keempat kelompok tersebut : Kelompok Kripik Cinta (Desa Simpur Jaya), Kelompok Bee Explore Ishak Ketambe (Desa Ketambe), Kelompok Swadaya Masyarakat Batu Gajah (Desa Bunbun Indah) dan Kelompok Pramuwisata Leuser Ketambe (Desa Ketambe).

Setahun yang lalu acara yang sama juga berlangsung di tempat ini. Saat itu diserahkan bantuan ekonomi produktif kepada 4 Kelompok Tani Hutan Konservasi yang bergerak dalam program pemulihan ekosistem. Agenda yang bertepatan dengan Hari Waisak Tahun 2022 ini diakhiri dengan penanaman pohon di sekitar lokasi Lawe Gurah.

[Teks&foto ©BBTNGL, tim medsos|17052022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories