(Medan, Agustus 2021) Balai Besar TN Gunung Leuser bersama Lembaga Pariwisata Tangkahan (LPT) menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) penguatan fungsi kawasan pelestarian alam melalui dukungan perlindungan dan pengembangan wisata alam di Resor Tangkahan dan Resor Cinta Raja di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Penandatanganan dokumen kerjasama ini merupakan bentuk kerjasama baru (bukan perpanjangan dari PKS sebelumnya), mengingat LPT pada periode September 2011 s.d Agustus 2016 pernah menjalin kerjasama dengan Balai Besar TNGL untuk pengelolaan kawasan ekowisata di Tangkahan.

Acara penandatanganan berlangsung di ruang kerja Kepala Balai Besar TNGL,  Jl. Selamat Nomor 137, Kel. Sitirejo III Kec. Medan Amplas, Kota Medan pada Kamis (12/08) yang dihadiri oleh Kepala BBTN Gunung Leuser, pejabat dan staf BBTN Gunung Leuser.

Acara ini juga disiarkan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Kepala BPTN Wilayah III Stabat serta para pengurus LPT antara lain Ngarihken Kacaribu selaku Ketua LPT, para tokoh pendiri LPT seperti Sugeng, Taufik Ramadhan, Wak Yun serta Kepala Desa Namo Sialang dan pengurus LPT lainnya mengikuti jalannya acara penandatanganan dari ruang rapat kantor BPTN wilayah III di Kota Stabat.
Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari surat persetujuan Dirjen KSDAE Nomor S.562/KSDAE/PIKA/KSA.0/7/2021 tanggal 19 Juli 2021.

Dalam sambutannya, Kepala BBTN Gunung Leuser, Jefry Susyafrianto menyatakan kegembiraannya atas terlaksananya kerjasama ini dimana sebelumnya terjadi kekosongan atau masa jeda sejak tahun 2016 meskipun kerjasama saat ini adalah bentuk kerjasama baru dan bukan bagian dari perpanjangan PKS sebelumnya. Jefry berharap dengan luasan areal kerjasama yang lebih sempit dari pada periode PKS sebelumnya namun diharapkan ke depan pengelolaan ekowisata di Tangkahan dapat lebih maju dan lebih efektif.

Selain penandatanganan dokumen kerjasama (PKS) dan dokumen Rencana Pelaksanaan Program (RPP) tahun 2021-2025 di kantor BBTNGL Medan oleh Kepala BBTNGL (Jefry Susyafrianto), dalam waktu bersamaan juga ditandatangani dokumen Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun 2021 di Kantor BPTN Wilayah III Stabat oleh Kepala BPTN Stabat (Ruswanto) bersama ketua LPT Tangkahan (Ngarihken Kacaribu). Kedua lokasi acara tersebut disiarkan secara virtual sehingga dapat disaksikan kedua belah pihak.

“Terima kasih Kami ucapkan kepada Bapak Kepala Balai Besar TNGL dan semua pihak atas terselenggaranya kerjasama pengelolaan wisata alam di Tangkahan khususnya dari kami pemerintah Desa Namo Sialang dan pemerintah Desa Sei Serdang” ujar Rasliadi, Kepala Desa Namo Sialang. “Terjadinya konflik internal karena adanya pemberian bantuan kepada perorangan dan bukan kepada masyarakat secara keseluruhan sehingga kami meminta ke depan jika ada bantuan harus atas nama masyarakat”, ujar Wak Yun menambahkan.

[Teks & foto ©BBTNGL,tim PKS | 12082021|iskandarrudin]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories