Seekor individu baru anak Gajah Sumatera telah lahir di Pusat Latihan Satwa Khusus (PLSK) Tangkahan, Taman Nasional Gunung Leuser, Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (17/11/2021) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Anak gajah tersebut berjenis kelamin jantan yang lahir dari induk gajah bernama Olive dan pejantan bernama Theo.

Bayi Olive yang baru lahir ini memiliki lingkar badan 101 cm dan tinggi bahu 80 cm. Tim medis segera melakukan pengecekan kesehatan baik induk maupun bayi gajah tersebut dan memberikan asupan multivitamin serta penguat otot.

Pelaksana tugas Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser, Adhi Nurul Hadi menyampaikan bahwa ini merupakan kelahiran kedua gajah Sumatera di PLSK Tangkahan pada tahun 2021 ini. Sebelumnya, pada tanggal 1 Februari 2021 lalu, telah lahir seekor anak gajah berjenis kelamin betina bernama Boni dari indukan bernama Sari dengan pejantan yang sama.

 

‘Bayi gajah masih rentan, sangat membutuhkan perawatan yang intensif. Oleh karena itu kesehatannya akan terus dimonitor agar mereka tumbuh dengan baik”, jelas Adhi.

Para mahout mengatakan sangat antusias terhadap kelahiran bayi gajah yang telah berada dalam kandungan induknya selama kurang lebih 22 bulan ini. Mereka berharap Gajah Sumatera dapat bertambah populasinya baik yang berada di PLSK Tangkahan maupun yang ada di alam liar.

Pengelolaan gajah di PLSK Tangkahan juga melibatkan mitra kerjasama BBTN Gunung Leuser yaitu VESSSWIC dan CRU Tangkahan.
_____________________________
Medan, TN Gunung Leuser, 17 November 2021

IG @bbtn_gn_leuser
Twitter @tnleuser
Youtube Taman Nasional Gunung Leuser
Facebook TN.GunungLeuser

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories