(TN Gunung Leuser, Januari 2020) Petugas TN Gunung Leuser bersama ketua pemuda desa Pasie Lembang merelokasi 80 butir telur penyu lekang ke bak penetasan Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang pada Selasa (14/1).

Ketua pemuda desa, Barmawi, menemukan telur tersebut pada pukul 23.30 wib. Ini kali kedua setelah sebelumnya (27/12), ia juga menemukan 50 butir telur penyu lekang di pantai Rantau Sialang. Hingga total 130 butir telur penyu diadopsi Barmawi di sarang penetasan Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pelestarian penyu di Aceh Selatan”, ujar Barmawi

Lebih lanjut Barmawi mengungkapkan jika masyarakat di desanya mulai tertarik dengan skema adopsi sarang yang akan dikembangkan di Stasiun Konservasi Penyu.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan pak Barmawi. Hal ini menambah semangat kami di sini. Akan kita dampingi masyarakat yang peduli penyu”, jelas Soloon Tanjung, Kepala Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang.

Hingga saat ini telah ada 507 butir telur penyu yang sudah dieramkan di bak penetasan Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang. Telur tersebut hasil temuan petugas TN Gunung Leuser dan adopsi dari masyarakat sekitar.

Semoga apa yang digiatkan tokoh pemuda di desa Pasie Lembang ini menjadi teladan konservasi bagi seluruh lapisan masyarakat di Aceh Selatan khususnya.

|teks&[email protected]| jan| 2020|

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives