Tapaktuan, April 2021| Desa atau Gampoeng Suka Damai adalah salah satu desa dampingan TN. Gunung Leuser, Resor Tangan – Tangan, SPTN Wilayah I Blang Pidie, BPTN Wilayah I Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kelompok binaan di desa tersebut membudidayakan lebah madu linet atau kancleng. 

Pembentukan kelompok dilakukan pada bulan September 2020, sebagai perwujudan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar kawasan TN. Gunung Leuser.

Ketua kelompok usaha budidaya lebah madu, Cek Wan, mengatakan bahwa saat ini puluhan botol madu hasil usaha yang mereka kembangkan telah siap dipasarkan. ” Tersedia ukuran botol 150 ml dan 65 ml”, infonya.

Cek Wan mengaku tidak mengalami kendala dalam hal pemasaran. Hanya saja produksi masih dalam jumlah terbatas karena terkendala penambahan log dan modal pengembangan usaha lanjutan.

“Harapannya, ke depan usaha budidaya lebah madu ini dapat terus dikembangkan ke desa – desa sekitar kawasan TN. Gunung Leuser. Setidaknya melalui usaha budidaya lebah madu ada peluang tambahan sumber pendapatan ekonomi baru bagi masyarakat sekitar hutan” tutupnya.

[Teks&foto ©bbtngl, Efa Wahyuni,cek wan|2342021].

 

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives