(Tapaktuan,  Januari 2022) Zulka Herman (50), warga asal Gampong Subarang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, menyerahkan seekor trenggiling (Manis javanica) secara sukarela kepada petugas TN. Gunung Leuser, pada Senin (10/1).

Penyerahan satwa yang dilindungi ini dilakukan pada pukul 11.30 WIB. Satwa liar yang gemar memakan semut ini diketahui berjenis kelamin betina dengan berat kurang lebih 3 kg dan dalam kondisi sehat.

Zulka mengatakan trenggiling tersebut ditemukan masuk kedalam rumahnya, Ahad (9/1) sekitar pukul 22.15 WIB. “Hewan ini sengaja saya tangkap agar tidak ditemukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab”, ujarnya

Polhut BBTNGL, Achmad Yaskur, S.H. menjelaskan sebelum trenggiling tersebut dilepasliarkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Ka. Resor Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan, Wirli, selaku perwakilan BKSDA ACEH di wilayah Aceh Selatan. 

“Jika memang layak dan sudah kita koordinasikan dengan BKSDA Aceh, satwa tersebut segera kita lepasliarkan kembali ke habitatnya”, tutur Yaskur.

BBTN Gunung Leuser mengapresiasi kesadaran warga untuk melaporkan dan menyerahkan satwa untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

[teks&foto ©bbtngl, efa|10012022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories