(Aceh Selatan, Agustus 2022) Petugas BKSDA Aceh, BBTN Gunung Leuser, WCS-IP, FKL dan Polres Aceh Selatan melepasliarkan satu individu harimau sumatera yang diberi nama Lhokbe pada Kamis (18/8).

Lhokbe direscue pada 26 Juli di Lhok Bengkuang, Aceh Selatan. Sejak saat itu harimau jantan berusia sekitar 4 tahun ini dititip di kantor BPTN Wilayah I Tapaktuan untuk observasi dan perawatan.

Tim medis menilai harimau Lhokbe sehat, tidak ada cacat fisik, nafsu makan dan respon terhadap lingkungan baik sehingga layak untuk dikembalikan ke habitatnya.

Harimau sumatera (Panthera tigris sumatera) masuk dalam daftar satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK No P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018.

Pun lebih dahulu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem menyebutkan dalam Pasal 21, setiap orang dilarang mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati.

Adalah tanggung jawab kita semua untuk melestarikan jenis harimau yang tersisa di negara kita untuk keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup.

“Terimakasih mendalam kepada segenap pihak yang telah membantu rescue dan release harimau Lhokbe. Untuk yang berjaga siang malam, kalian luar biasa”, ujar Agung Widodo, Kepala BPTN I Tapaktuan yang juga ikut serta dalam pelepasliaran Lhokbe. 

Semoga Lhokbe betah, sehat, gampang beradaptasi di TN Gunung Leuser. 

[Teks&foto ©bbtngl, efa wahyuni|18.8.2022]

 

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories