(Bukit Lawang, Februari 2022) Petugas SPTN Wilayah V Bahorok melepasliarkan dua ekor Kukang (Nycticebus javanicus) di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser pada Selasa (8/2). Kukang tersebut diserahkan warga setelah mendapat penyadartahuan bahwa kukang termasuk satwa yang dilindungi.

Sebelumnya Senin(7/2) sekitar jam sepuluh malam, petugas mendapat informasi ada warga yang menyimpan satwa yang bergerak lambat ini di dalam rumahnya. Menerima laporan tersebut, petugas langsung menuju ke lokasi dan mendapat kebenarannya.

Petugas mendengarkan keterangan dari warga yang menyimpan satwa kukang tersebut. Berdasarkan pengakuannya, satwa tersebut ditemukan di kebun saat ia mengambil buah pinang. Petugas melakukan penyadartahuan terkait status kukang serta peraturan yang melindunginya.

Warga menyerahkan satwa ke petugas SPTN V Bahorok dalam keadaan sehat untuk dievakuasi. Setelah mempertimbangkan kondisi satwa yang sehat, petugas segera melakukan pelepasliaran satwa tersebut ke habitat alaminya. 

Kukang, kukang jawa dan kukang kalimantan masuk dalam daftar satwa yang dilindungi sebagaimana Peraturan Menteri LHK Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Perubahan Kedua atas peraturan Menteri LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

[teks&foto ©bbtngl, sptn v|09022022|elysa]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories