(Tapaktuan,  November 2021) Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seekor Harimau Sumatera melintas di ruas jalan pegunungan Desa Panton Bili, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, provinsi Aceh pada Minggu(7/11/2021).

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) ini tampak jinak dan cenderung mendekati warga yang melintas dan hendak mengabadikan satwa yang dilindungi tersebut secara liar.  

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Subullussalam BKSDA Aceh, Hadi Sofyan mengatakan petugas BKSDA ACeh bersama lembaga mitra WCS – IP dan FKL saat ini sedang melakukan upaya pengusiran dengan menggunakan petasan (mercon).

Selain itu tim juga memasang kamera penjebak satwa liar (kamera trap) untuk mengetahui eksistensi dan keberadaan Harimau Sumatera tersebut. Selanjutnya, Harimau Sumatera ini akan diupayakan untuk ditangkap dan dipindahkan dari lokasi konflik, hingga dilepasliarkan kembali ke habitat alami jelasnya.

Menurut Hadi Sofyan, satu bulan terakhir ini Harimau Sumatera sering muncul menampakkan diri dan turun mendekati pemukiman penduduk bahkan memangsa ternak warga.

“Saya menghimbau agar masyarakat waspada dan jangan sendirian saat pergi ke gunung dan bekerja di kebun” pesan Hadi.

Rabu (10/11/21) pagi, harimau tersebut ditangkap dengan memanfaatkan jasa pawang tradisional. Saat ini, harimau ditempatkan sementara di CRU Trumon.

[teks&foto@bbtngl|10112021|efa, wirli]

 

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories