(Bukit Lawang,  Maret 2020) Selasa (03/03) petugas Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser wilayah V Bohorok dan volunter menyelamatkan satu individu unik dari jenis kura-kura. Ya, seekor kura-kura bergerigi (Cyclemys dentata) ditemukan sedang menyeberangi pasar hitam (jalan raya) di Bukit Lawang.

Satwa imut ini termasuk ke dalam daftar IUCN Redlist dengan status konservasi hampir terancam. Menurut literasi, asal muasal kerabatnya diperkirakan sudah mendiami bumi sejak periode Triassic (250 juta tahun yang lalu).

Spesies kura-kura ini tergolong semi-aquatic species. Tubuhnya kecil, hampir serupa dengan kerabat dekatnya ” Heosemys spinosa ” yang ukuran tubuh dewasanya hanya berukuran 17 – 24 cm dibandingkan dengan kerabat lainnya seperti ” Manouria emys” yang berukuran mencapai 50 cm.

Kehadiran dan perilaku kura-kura imut ini dapat menjadi bahan diskusi dan riset yang menarik . Namun demikian agar populasinya tetap terjaga, kura-kura mungil ini pun dilepasliarkan di stasiun konservasi Bukit Lawang.

[teks&foto @bbtngl| 03032020| elysa]

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives