Siapa yang tidak suka kacang? Kacang begitu disukai banyak orang kecuali bagi penderita asam urat tinggi. Mulai dari olahan makanan ringan, topping, tambahan bahan cokelat dan sambal. Kacang memiliki begitu banyak kegunaan. Kali ini kita akan mengenali kacang termahal di dunia. Ya, Macadamia. Tumbuhan asli Australia ini juga ternyata telah tersebar ke berbagai negara terutama daerah tropis dan subtropis. Bahkan tumbuhan sejenis ini diyakini juga telah ada di Indonesia sejak dahulu seperti di Sulawesi. Kacang ini telah didapuk menjadi kacang termahal di dunia. Bagaimana tidak, harganya mulai dari Rp500.000 – Rp600.000/kg di marketplace atau situs belanja online.

Terdapat 9 (sembilan) jenis Macadamia. Tumbuhan ini dinamai menurut nama penemu pertamanya yakni John Macadam. Bagian tumbuhan ini yang dimanfaatkan adalah bijinya yang dikenal dengan nama kacang macadamia. Di Indonesia tumbuhan ini telah dibudidayakan di banyak tempat. Di Jawa Timur dikenal dengan nama kacang bafa (Bava nuts). Dari sembilan jenis, yang paling banyak dibudidayakan dan diolah menjadi makanan ada 2 jenis yakni Macadamia integrifolia dan M. tetraphylla. Spesies lainnya memiliki biji yang beracun atau tidak dapat dimakan adalah M. whelanii dan M. ternifolia.

Tumbuhan ini mulai berproduksi pada usia 6 – 10 tahun dan dapat dipanen sebanyak 6 (enam) kali dalam setahun. Tumbuhan ini memiliki pohon yang dapat mencapai 10 – 25 meter dengan diameter 15 – 30 cm. Daunnya bergerigi dan seolah berduri tajam. Sebagai tumbuhan yang akan menjadi pohon maka cocok ditanam sebagai tanaman rehabilitasi dan konservasi lahan dalam rangka pemberdayaan ekonomi warga atau agroforestry.

Bibit Kacang Macadamia

Kandungan nutrisi kacang macadamia berupa lemak, karbohidrat dan protein. Selain itu, kacang termahal ini juga mengandung vitamin C, zat besi, kalsium dan mengandung kalium sangat tinggi. Dan paling penting kacang macadamia tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga sangat cocok bagi penderita berbagai penyakit seperti jantung dan lemak darah.

Kelompok Tani Hutan Makazore di Sukamakmur menanam macadamia dalam rangka PE di zona rehabilitasi TNGL

Kelompok Tani Hutan Makazore di Sukamakmur, Kecamatan Kutalimbaru telah mencoba menanam macadamia sebagai tanaman dalam rangka pemulihan ekosistem di zona rehabilitasi Taman Nasional Gunung Leuser. Selain itu tanaman ini diharapkan sekaligus sebagai bagian pemberdayaan ekonomi warga kedepannya. Anda tertarik menanam kacang termahal di dunia ini?

[Teks & foto ©bbtngl, salmen|06102022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories