(Langkat, April 2022) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berkunjung ke kawasan ekowisata Batu Katak dan Bukit Lawang pada Kamis (14/4). Kunjungan kerja Menteri yang memiliki akun Instagram @sandiuno ini dalam rangka ‘Program digitalisasi untuk promosi ekowisata dan penguatan kapasitas pelaku usaha wisata di TN Gunung Leuser dalam merespon pandemi Covid-19”.

Agenda Menparekraf di kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara kali ini sekaligus visitasi desa wisata dan kegiatan pendampingan serta pelatihan pengembangan ekowisata yang diimplementasikan BBTN Gunung Leuser melalui Desma Centre pada proyek pengembangan KLHK dan ASEAN Center for Biodiversity (ACB) berupa Small Grants Programme.

Di Batu Katak, Desa Batu Jongjong, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Menteri Sandiaga Uno disambut tarian masyarakat dan disematkan bulang-bulang.

Desa Batu Jongjong merupakan salah satu desa binaan Balai Besar TN Gunung Leuser. Tidak hanya wisata sungai Berkail, penelusuran goa dan flora fauna langka seperti Raflessia dan Bunga Bangkai, aktivitas budaya serta budidaya madu kencleng juga berkembang di wilayah ini.

Plh.Bupati Langkat mengatakan bahwa dukungan Menparekraf berupa anggaran untuk pembangunan sarpras wisata di Langkat. Disampaikan juga dukungan dari Komisi X DPR terkait usulan anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan wisata Langkat. “Minimal 10 T jika ingin bagus”, ujarnya.

Menteri Sandiaga menyampaikan arahannya untuk bersama-sama menjaga Taman Nasional Gunung Leuser sehingga pemanfaatan ekowisata dapat berjalan secara berkelanjutan sekaligus mempertahankan status nya sebagai warisan dunia (TRHS) dan warisan ASEAN.

Setelah berinteraksi dengan masyarakat Batu Katak, Menparekraf bertolak ke Bukit Lawang. Menteri yang sering disapa ‘Mas Menteri’ ini menyempatkan trekking ke pintu masuk TN Gunung Leuser. Beruntung, pada kunjungannya ini Menparekraf bertemu salah satu satwa langka kebanggaan Indonesia, orangutan Sumatera. kalo jumpa

Mari kita jaga kelestarian taman nasional gunung Leuser dengan pemanfaatan ekowisata secara berkelanjutan. Komitmen dari kominko untuk bakti kominko dalam penguatan sarpras signal,sehingga tidak lagi menjadi kendala pengembangan destinasi wisata dan program digitalisasi dapat berjalan optimal.

Kawasan Ekowisata Bukit Lawang merupakan salah satu objek wisata potensial Taman Nasional Gunung Leuser yang mendunia. Banyak turis mancanegara yang sering menghabiskan waktu di tempat ini.

_________________

www.gunungleuser.or.id
IG @bbtn_gunungleuser
Twitter @tnleuser
FB/Youtube Taman Nasional Gunung Leuser

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories