(Besitang, September 2020) Pramuka Wanabakti Kwartir cabang Gerakan Pramuka Langkat menggelar kegiatan pengenalan orangutan Sumatra serta pelantikan dewan dan anggota Saka Wanabakti Angkatan I selama dua hari (19-20 Sep).

Saka Wanabakti merupakan sebuah pembinaan anggota Pramuka Penegak Pandega di bidang Kehutanan. Sebanyak dua puluh enam peserta mengikuti acara ini.

Kegiatan diawali upacara pelepasan di kantor SPTN Wil VI Besitang. Upacara dipimpin oleh kak Octo Manik mewakili Mabisaka. Dalam arahannya kak Octo berpesan agar adik – adik anggota Saka senantiasa menjaga kekompakan dan kesehatan dalam menjalani kegiatan serta menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

“Agar panitia sigap mengawasi dan menjaga keselamatan adik – adik saat mengikuti kegiatan, mengingat ini pengalaman pertama adik – adik bersentuhan langsung dengan hutan TNGL” ingat kak Octo.

Sementara itu pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Langkat, Agus Salim mengatakan kegiatan ini selain merupakan program kerja Dewan Saka juga bertujuan untuk memupuk rasa cinta serta meningkatkan kesadaran adik – adik anggota Saka akan pentingnya keberadaan hutan TNGL beserta isinya bagi keseimbangan ekosistem global.

Selain terjun langsung ke dalam hutan untuk melihat jejak keberadaan Orangutan serta pelantikan dewan dan anggota Saka Wanabakti angkatan I, kegiatan kali ini juga diisi dengan Sosialisasi TN Gunung Leuser (Visit School) oleh kak Lembang Hutasoit dan staff SPTN wilayah VI pada Sabtu (19/9).

Malam harinya berlangsung temu ramah dengan tim Smart Patrol TN Gunung Leuser dan staf lapangan riset Orangutan dari lembaga SOCP untuk lebih memperkaya pengetahuan adik – adik anggota saka akan kegiatan yang dilaksanakan di TNGL.

“Terima kasih kami kepada Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser selaku Penasehat yang memberikan dukungan penuh baik moril dan materil sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Juga kepada kak Ruswanto, Kepala Bidang Pengelolaan TN Wilayah III Stabat dan kak Octo, Kepala SPTN VI” ujar Agus Salim.

Semoga kegiatan ini berhasil menumbuhkan kader – kader konservasi untuk menjaga hutan kita.

[teks&foto@bbtngl|21092020]

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives