(Blangpidie, September 2020) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser menggelar pelatihan pembuatan produk makanan khas di Grand Lauser Hotel Blangpidie. kab. Aceh Barat Daya, provinsi Aceh. 

Acara yang digelar dalam rangka pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat sekitar TN Gunung Leuser ini dilaksanakan selama 3 hari, 2-4 September 2020. 

Sebanyak 30 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Desa Pasie Lembang Kec.Kluet Selatan Kab. Aceh Selatan dan Desa Suka Damai Kec.Lembah Sabil Kab. Aceh Barat Daya. Seluruh peserta yang seluruhnya kaum Ibu ini tampak antusias mengikuti rangkaian acara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Narasumber dari Fak.Pertanian Unsyiah, SMKN 2 Blangpidie dan Balai Besar TN Gunung Leuser dihadirkan untuk berbagi ilmu. Materi pelatihan terdiri dari teori dan praktek pembuatan nata de coco, abon ikan dan makanan khas Aceh berupa pisang sale dan kue adee. 

“Kita berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas sdm terutama ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar kawasan TNGL” ujar Fitriana Saragih, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan BBTN Gunung Leuser.

Fitri menambahkan “ke depan, masyarakat akan mandiri dalam perekonomian melalui alternatif penjualan produk makanan sehingga tidak lagi bergantung pada hutan”.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan BBTN Gunung Leuser, selain penguatan kelembagaan, pemberian bantuan sosial dan pendampingan.

[teks&foto@bbtngl| 04092020]

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives