Proses pembuatan kandang TPE

(Batu Jongjong, September 2022) Petugas Seksi Pengelolaan TN V Bohorok bersama volunteer Yayasan Sumatera Hijau Lestari (YSHL) membantu warga membangun kandang ternak sapi yang disebut kandang TPE singkatan dari Tiger Protection Enclosure pada Kamis (22/9).

Petugas SPTN V Bohorok bersama volunteer YSHL membantu warga membangun kandang ternak sapi TPE

Kandang TPE merupakan kandang yang dibuat dari kayu atau bambu yang dilapisi atau dikelilingi kawat berduri. Duri inilah yang mencegah ternak mendapat serangan harimau. Hal ini juga yang kemudian memberi rasa aman kepada warga pemilik ternak.

“Kita yakini bahwa keberadaan ternak di sekitar kawasan akan menjadi salah satu stimulus bagi HS (yang juga oportunistik seperti makhluk pada umumnya), keluar dari kawasan hutan TNGL. Maka, faktor ini harus menjadi salah satu perhatian untuk mencegah terjadinya kontak antara HS dengan ternak warga”. jelas Kepala SPTN V Bahorok, Palber Turnip.

Turnip juga menambahkan bahwa bantuan pembangunan kandang ini dapat mendorong warga untuk membangun peternakan modern dengan kandang yang lebih permanen.
“Termasuk dengan cara meminta Kepala Desa untuk menghubungi satker terkait di kabupaten Langkat agar membantu warga terkait dalam usaha peternakan”.

Teks ©bbtngl, Elisa | 22092022

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories