(Ketambe, Agustus 2022) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat pelaku ekowisata Lawe Gurah. Bertempat di Pondok Wisata Guest House Ketambe – Aceh Tenggara, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, Senin – Rabu (22–24/08). Sekitar 30 peserta dari pemandu wisata di Lawe Gurah diberikan pembekalan guna meningkatkan kapasitas sebagai pelaku wisata.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tenggara, yang diwakili kepala bidang pemasaran pariwisata Bapak Indra Wahyudi, ST. Dalam kesempatan tersebut disampaikan terkait kebijakan dan strategi pengembangan pariwisata alam di Kabupaten Aceh Tenggara.

 

 

Kegiatan tersebut menghadirkan para narasumber yang berasal dari BASARNAS Aceh Tenggara, Bapak Muhammad Amri dan Bapak Irwandi terkait Pengenalan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan Search And Rescue (SAR), Bapak Lukmanul Nurhakim dari Bumi Outdoors terkait materi identifikasi potensi lokal, dasar-dasar kepemanduan, penyusunan paket dan pemasaran ekowisata.

 

Pada kesempatan tersebut juga Plt. Kepala Bidang Teknis, Ibu Fitriana Saragih mensosialisasikan masterplan pengembangan pariwisata alam TNGL dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Materi – materi tersebut menjadi menjadi bekal para peserta supaya tidak salah dalam melakukan kegiatan pemandu wisata di Lawe Gurah, TNGL.

 

 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program masterplan pengembangan pariwisata alam di kawasan TNGL untuk zona prioritas wilayah II Lawe Gurah. Kegiatan ini juga menghasilkan kesepakatan bersama dari para pelaku ekowisata Lawe Gurah dari perwakilan pemandu wisata dan Pemerintah Desa Ketambe untuk bersama-sama menjaga kawasan TNGL dan memajukan ekowisata Lawe melalui pengembangan secara kolaboratif” ujar Fitriana Saragih. Rangkaian kegiatan diikuti dengan semangat tinggi oleh para peserta.

[Teks&foto ©bbtngl, Seksi P2|24/08/2022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories