penyu(Tapaktuan, 2016) Seekor Penyu Belimbing mendarat dan bertelur di desa Ujung Mangki, Aceh Selatan. Kejadian pada tanggal 26 Nopember 2016 dini hari ini kontan menarik perhatian masyarakat.
Displaying Jejak Penyu Belimbing_2.JPGMendapat kabar tersebut, petugas Stasiun Pengamatan Penyu yang sedang berpatroli di pantai sekitar tugu batas TNGL dengan desa Ujung Mangki, segera melakukan observasi langsung ke lokasi. Petugas menemukan penyu belimbing yang mendarat di pantai. Jejak penyu mencapai lebar 1,3 meter. Sayang, proses peneluran penyu tak bisa langsung disaksikan.

Pendaratan/peneluran penyu belimbing ini langka dijumpai langsung oleh petugas bahkan masyarakat setempat. Tak heran jika moment tersebut menjadi tontonan gratis bagi anak-anak, remaja dan orang tua. Namun kondisi ini ternyata justru membuat penyu belimbing stress. Ia tak mau berjalan menuju pantai sehingga petugas SP Penyu melakukan penggiringan. “ Biar penyu belimbing ini aman dari ancaman manusia dan penyu2predator”, ujarnya.

Petugas berhasil menggiring penyu ke pantai sekitar pukul 09.00 WIB. Setelahnya, petugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberi pemahaman terkait konservasi penyu. Salah seorang masyarakat Ujung Karang pun menyerahkan telur penyu belimbing kepada petugas SP Penyu sebanyak 47 butir. Petugas kemudian melakukan penanaman telur penyu belimbing tersebut di bak penetasan SP Penyu untuk dilakukan proses inkubasi telur.

[teks & foto ©bbtngl | 02122016|]

 

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives