(Stabat, Juni 2022) Melalui Small Grants Programme by Asean Centre for Biodiversity,  Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Medan bersama BBTN Gunung Leuser menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas SDM staf BBTN Gunung Leuser di Hotel Grand Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Pelatihan tentang monitoring habitat dan satwa liar, konservasi ekologi satwa liar, penegakan hukum dan visitor management ini diikuti oleh 20 peserta dari kantor Balai Besar (Medan) dan lingkup BPTN Wilayah III Stabat. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, 13 s.d. 14 Juni 2022.

Ruswanto, Plh. Kepala BBTN Gunung Leuser menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat menjadi bekal untuk mengelola kawasan dengan baik. “Semoga teman-teman semua bisa menyampaikan permasalahan kawasan serta bagaimana cara mengelola kawasan dan dapatkan tips dari narasumber.” ujarnya saat membuka acara.

Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan_Rinaldo mengingatkan salah satu visi TNGL sebagai sistem penyangga kehidupan yang lestari, inovatif dan berbudaya. “Harapan kita sepuluh tahun kemudian keanekaragaman hayati yang ada di TNGL tetap utuh karna itulah tugas utama kita menjaga dan menjalankan misi TNGL.” pungkasnya.

Waldemar Hasiholan, Widyaiswara Pusdiklat SDM LHK sekaligus narasumber utama menjelaskan metode survey sumber daya alam secara cepat dan bagaimana mengatasi permasalahan yang ada di Taman Nasional. Lebih lanjut, Waldemar menjelaskan bahwa upaya pengamanan kawasan hendaknya tidak dilakukan secara individualis, namun harus berkolaborasi.

“Kedepan diharapkan kegiatan serupa dapat diteruskan di tahun-tahun mendatang, agar kapasitas SDM dapat ditingkatkan secara menyeluruh.” ujarnya. 

[teks&foto©bbtngl, riski|150622]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories