(Aceh Selatan,  Oktober 2020) Petugas Bidang Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah I Tapaktuan melakukan pembersihan alur menuju danau Laot Bangko selama tiga hari sejak Sabtu (10/10).

Danau Laot Bangko terletak di desa Ujung Padang, kec.Bakongan, kab. Aceh Selatan. Akses menuju danau dapat ditempuh dari Desa Ujung Mangki melalui Alur Mangki. Biasanya , perjalanan sejauh 12 km dapat ditempuh sekitar 6 jam melalui alur yang memiliki lebar 2-4 m ini. Hal ini disebabkan pada titik-titik tertentu ditemukan pepohonan tumbang, semak belukar dan rumput air menutup akses alur.

Jika alur menuju Danau Laot Bangko ini bersih, diperkirakan waktu tempuh menjadi lebih singkat menjadi sekitar 2-3 jam.

“Ini akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Danau Laot Bangko yang merupakan zona pemanfaatan TN Gunung Leuser yang selama ini belum banyak diminati”, jelas Agung Widodo, Kepala Bidang Pengelolaan wilayah I Tapaktuan yang juga ikut serta dalam kegiatan ini. 

Upaya yang digelar selama tiga hari berhasil membersihkan sekitar 30% dari total panjang alur. Perlu energi, waktu dan sumber daya untuk melanjutkan dan menuntaskan hingga alur bersih dan aman untuk dilewati.

 [teks&foto @bbtngl, Arief, Efa|131020]

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives