(Aceh Selatan, Sabtu 17 September 2022) Kantor Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Tapaktuan mendapat kunjungan perdana Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Dr. U. Mamat Rahmat, S.Hut.,M.P. Sejak dilantik pada awal Agustus 2022 lalu, pak Mamat berkesempatan untuk melakukan kunjungan kerja dalam rangka pembinaan pegawai dan pemantauan aktivitas pengelolaan di lingkup BPTN Wilayah I Tapaktuan, Aceh Selatan, Aceh.

Sehari sebelumnya, Jum’at 16 September 2022 rombongan bertolak dari Kantor Banda Aceh. Pada pukul 17.30 WIB rombongan tiba di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Blangpidie dan berdiskusi dengan pegawai di sana. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan dan singgah di Kantor Resor Krueng Baro Menggamat, Kec. Labuhan Haji Barat, Kab. Aceh Selatan pada pukul 18.15 WIB. Di Resor tersebut rombongan disambut langsung oleh Kepala Resor Krueng Baro Menggamat, Ardiansyah dan staf, Didi Junaidi.

Esoknya, gelaran acara berlangsung pada pukul 08.30-12.00 WIB di aula kantor BPTN Wilayah I Tapaktuan. Kegiatan Pembinaan Pegawai kali ini dihadiri Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Kepala Seksi SPTN Wilayah I Blangpidie dan Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, serta puluhan pegawai PNS dan PPNPN Lingkup BPTN Wilayah I Tapaktuan dengan jumlah keseluruhan peserta 40 orang.

Dalam arahannya, Kepala BBTNGL menyampaikan bahwa kegiatan perencanaan pengelolaan Taman Nasional dimulai dari resor sebagai ujung tombak pengelolaan kawasan. Dalam waktu dekat ini, akan dilakukan pertemuan rutin seluruh Kepala Resor Lingkup BBTNGL melalui zoom meeting untuk meningkatkan koordinasi dan kekompakan dalam pengelolaan kawasan. Prinsip pengelolaan kawasan konservasi berbasis tapak menjadi solusi dalam mengidentifikasi kebutuhan di lapangan, pungkasnya. Beliau berpesan kepada para pegawai untuk dapat bekerja secara optimal dan terus berkarya bagi TNGL yang lebih baik, tutupnya.

Setelah melakukan pembinaan dan makan siang bersama, Kepala Balai Besar TNGL yang didampingi Kepala BPTN Wil.I Tapaktuan, Agung Widodo, S.H.,M.H, Plt. Kepala Bagian Tata Usaha, Rinaldo, S.Hut.T M.Si, Kepala SPTN Wilayah I Blangpidie Vitri L Harahap S.Hut.M.E., Kepala SPTN Wil. II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S.Hut, dan Plt. Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran Bapak Yosia WB Ginting, S.Hut.,M.Si. bertolak menuju ke Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang. Di Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang, rombongan disambut Manager Stasiun Konservasi Penyu Sdr. Soloon S Tanjung, S.Hut dan Anggota. Sdr. Tanjung menjelaskan bahwa saat ini di Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang setidaknya terdapat 3 jenis penyu yang teridentifikasi mendarat ke pantai Rantau Sialang, ketiga jenis tersebut antara lain penyu belimbing (Dermochelys coriacea), dan penyu abu-abu (Lepidochelys olivacea), dan penyu hijau (Chelonia mydas). Pada kesempatan tersebut Pak Mamat berharap, Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang dapat menjadi Pusat Penyelamatan Penyu di kawasan TNGL dan berkontribusi dalam upaya pelestarian penyu di Indonesia.

Kemudian, pada pukul 16.00 WIB rombongan bertolak menuju Resor Bakongan. Rombongan tiba di Resort Bakongan dan berdiskusi dengan Kepala Resor Sdr. Achmad Yaskur, S.H. Pak Mamat mendapat informasi secara langsung terkait keterbatasan sarana dan prasarana serta permasalahan kawasan yang terdapat di Resor. Hal tersebut akan menjadi telaahan beliau dalam perencanaan pengelolaan kawasan TNGL kedepannya. Setelah melakukan serangkaian kunjungan di Lingkup BPTN Wilayah I Tapaktuan, Kepala BBTNGL dan rombongan bertolak kembali menuju Medan.

 

Teks : Arif Saifudin, S.Si (PEH Muda BPTN-1)

Foto:  Efa Wahyuni (Pengolah Data BPTN-1)

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories