(Rantau Sialang, Desember 2021) Petugas TN Gunung Leuser bersama masyarakat menemukan satu individu penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang sedang mendarat untuk bertelur, pada Sabtu (11/12) jam 01.20 WIB di pesisir patati Rantau Sialang, Aceh Selatan.

Penyu dengan karapas menyerupai buah belimbing ini memiliki panjang lengkung 165 cm dan lebar lengkung karapas 100 cm dengan jejak mencapai 170 cm. Jumlah telur dari si induk penyu mencapai 86 butir dengan rincian 68 butir telur normal dan 18 butir telur abnormal. Hanya telur normal yang memiliki peluang untuk menetas menjadi tukik (anak penyu).

Ke-68 butir telur berhasil direlokasi ke bak penetasan. Diperkirakan telur-telur tersebut akan menetas pada tanggal 5 – 7 Februari 2021 (masa inkubasi 58 – 60 hari). Relokasi ini dilakukan mengingat lokasi peneluran rawan terhadap ancaman perburuan telur baik dari predator alam maupun manusia.

Satwa langka ini menjadi temuan perdana bagi petugas Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang sejak bulan November 2021 silam. Diharapkan akan ada lagi tamu-tamu istimewa lainnya yang mendarat dan bertelur di Pantai Rantau Sialang.

[teks & foto ©bbtngl|12122021|tanjung]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories