(Tapaktuan,  Februari 2021) Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021, LSM Peduli Uteun Gampong (PUGa) bersama petugas Bidang Pengelolaan TN Gunung Leuser wilayah I Tapaktuan menggelar aksi bersih pantai di Gampoeng Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan,  Ahad (21/2).

 Kegiatan berlangsung sejak pagi hingga siang hari. Peserta yang berpartisipasi dalam agenda ini tampak bersemangat dan antusias meski agenda digelar di masa pandemi. Sebanyak 10 karung sampah plastik dapat dikumpulkan dari sekitar pantai. Sebagian besar sampah berupa kemasan bekas air minum dan makanan.

Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo, SH.,M.H, yang ikut serta dalam agenda tersebut mengatakan bahwa peringatan HPSN tahun ini mengusung tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”.

“Saya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan rekan – rekan LSM PUGa selama ini terutama dalam hal pengolahan sampah plastik menjadi bahan bernilai ekonomi” lanjutnya,

Ketua LSM PUGa, Zul Hilmi menyebut aksi bersih pantai ini sebagai wujud kepedulian generasi muda terhadap lingkungan.

“Harapannya, kegiatan seperti ini dapat mengedukasi masyarakat sekitar tentang pentingnya memelihara dan mempertahankan kelestarian lingkungan untuk kesehatan bumi” terangnya.

Lembaga Swadaya Masyarakat yang baru dibentuk pada akhir tahun 2020 ini telah bergerak untuk lingkungan diantaranya dengan mengolah sampah plastik menjadi paving block.

[teks&foto©bbtngl, efa wahyuni| 22022021|at]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories