(Tapaktuan, Juli 2020) Petugas TN Gunung Leuser wilayah Bidang Pengelolaan TN Wilayah I Tapaktuan menjemput dan menerima seekor Trenggiling (Manis javanica) dari Efrizal Sahputra (30 th) warga desa Gunung Keurambil, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan, pada Sabtu (18/7) pukul 22.15 WIB.

Satwa bersisik ini ditemukan oleh Erizal, disamping rumahnya di dalam tumpukan kayu bakar. Hewan yang gemar memakan serangga ini diduga tersesat saat mencari sumber makanan di sekitar pemukiman penduduk yang posisinya berdampingan dengan areal pegunungan.

Berdasarkan observasi petugas di lapangan, hewan liar tersebut berjenis kelamin betina dengan ukuran berat sekitar 2 kg dan dalam kondisi sehat.

Untuk sementara waktu, si Manis javanica diamankan oleh petugas di kantor BPTN Wilayah I Tapaktuan, Balai Besar TN. Gunung Leuser. “Trenggiling ini akan kami serahterimakan kembali kepada BKSDA Aceh melalui resor Konervasi wilayah 15 Tapaktuan”, ujar Kepala Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S.Hut.

[teks&foto, @bbtngl/efa/ulul, 200720]

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives