(Tapaktuan) Seekor Trenggiling (Manis javanica) masuk ke lingkungan Kantor Independen Pemilihan (KIP), Aceh Selatan.

Diduga, Trenggiling ini nyasar pada saat mencari sumber makanan di sekitar pemukiman penduduk di Desa Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh pada Jum’at malam (18/11/2022).

Diketahui, hewan bersisik keras ini berjenis kelamin jantan dengan bobot 2 Kg.

Begitu informasi hewan ini ditemukan, petugas TN Gunung Leuser secepatnya melakukan respon dengan tujuan penyelamatan terhadap satwa lindung tersebut.

Hewan yang gemar memakan serangga, semut dan rayap ini dilindungi dalam PP No. 7 Tahun 1999. Statusnya di alam hampir terancam punah (IUCN 2.3).

Trenggiling ini diserahkan secara sukarela kepada petugas TN. Gunung Leuser pada Sabtu (19/11/2022) pagi.

Petugas Kantor KIP, MUTAKHIRIN (40), mengatakan, “Trenggiling ini kami temukan secara tidak sengaja sekitar pukul, 20.30 WIB. Awalnya kami kira musang, sebab sepintas terlihat macam musang. Anehnya, hewan ini berbarengan jalan dengan Kucing dihalaman kantor” jelasnya.

Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S.Hut, mengatakan bahwa, “Trenggiling tersebut dalam kondisi sehat dan sebelum dilepasliarkan kembali ke alam, pihaknya akan berkoordinasi dengan Resor Konservasi Wilayah 16 Tapaktuan” ungkapnya (EW).

 

[Teks & Foto : Efa Wahyuni dan Musrizal  | 19112022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories