(Bohorok,  Juli 2020) Petugas Seksi Pengelolaan TN Wilayah V Bohorok selamatkan puluhan burung Serindit Melayu, pada Minggu (19/7), malam.

Berawal dari laporan _volunteer_ SUMECO adanya warga Desa Timbang Lawan, Kec.Bohorok yang melakukan penjualan  satwa dilindungi berupa burung jenis Serindit Melayu kepada warga Desa Bukit Lawang, pada Minggu (19/07), siang.

Mendapat laporan tersebut, Kepala Seksi Wilayah V memerintahkan kepada petugas agar melacak tempat tinggal yang bersangkutan. Tepat pukul 23.00 WIB, petugas mendatangi rumah warga yang berinisial  MN dan benar ditemukan burung Serindit Melayu sebanyak 43 ekor yang diletakkan di pekarangan rumahnya.

Petugas melakukan penyadartahuan kepada MN yang akhirnya menyerahkan satwa yang memiliki nama latin _Loriculus galgulus_ ini kepada petugas.

Saat ini, satwa tersebut dalam pengawasan petugas dibantu oleh relawan SUMECO untuk dilakukan observasi.

“Kita sudah amankan barang bukti. Tindakan yang bersangkutan merupakan  tindak pidana di bidang konservasi. Pernah terjadi di Kalimantan Barat dimana Balai Gakkum Kalimantan beserta Polda mempidanakan kasus yang sama dengan barang bukti lebih sedikit, ” jelas Palber Turnip, Kepala Seksi Pengelolaan TN wilayah V Bohorok.

“Kita juga lakukan pendalaman untuk pembinaan mengingat kondisi tempat tinggal yang bersangkutan jauh dari kata layak,” pungkasnya.

[Teks & foto ©bbtngl, elysa| 200720]

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives