(Banda Aceh, Februari 2021) Kepindahan kantor Balai Besar TN Gunung Leuser dari kota Medan ke kota Banda Aceh resmi digelar di komplek perkantoran UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi Aceh, Selasa (16/2).

Peresmian kantor BBTN Gunung Leuser ini menjadi salah satu agenda kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke provinsi Aceh. Wakil Ketua Komisi IV, H. Dedi Mulyadi menandatangani prasasti peresmian bersama Direktur Jenderal KSDAE, Wiratno.

 

 

 

 

 

Dalam sambutannya, Dedi mengatakan kantornya boleh pindah tapi hutannya harus tetap di tempatnya, dirawat dan dijaga.

“Siapapun manusia Indonesia yang mecintai negeri ini tapi membuat kerusakan alam, sesungguhnya dia pengkhianat negeri”, tegas wakil Ketua DPR RI yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati Purwakarta ini.

Dirjen KSDAE menjelaskan bahwa pemindahan kantor ini menjadi bagian upaya mendorong Balai Besar TN Gunung Leuser sebagai salah satu UPT Direktorat Jenderal KSDAE untuk berperan lebih besar dalam penanganan isu–isu strategis perlindungan dan pengawetan keanekaragaman hayati khususnya di wilayah Provinsi Aceh. Juga untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam rangka mendorong kerjasama dan dukungan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan masyarakat aceh.

“Tujuan akhirnya adalah masyarakat sekitar TNGL yang memiliki ekonomi berbasis kawasan konservasi, tumbuh dengan spirit keswadayaan, kemandirian dan hidup berdampingan dengan satwa liar kebanggaan masyarakat Aceh, Indonesia dan dunia.”

Hal ini disambut baik oleh masyarakat Aceh yang diwakili oleh Gubernur Aceh dalam sambutan yang dibacakan Sekda III Provinsi Aceh.

Kepindahan kantor BBTN Gunung Leuser ke kota Banda Aceh merupakan salah satu kesimpulan yang diambil pada rapat kerja Komisi IV DPR RI dengan Kementerian LHK pada Juli 2020.

Di kota Serambi Mekah ini, Balai Besar TN Gunung Leuser akan menempati bangunan 2 lantai yang sebelumnya merupakan gedung pusat informasi mangrove yang dibangun atas kerjasama pemerintah Indonesia dan Korea.

Selain rombongan anggota Komisi IV DPR RI dan BBTN Gunung Leuser, acara peresmian dihadiri langsung oleh Gubernur Aceh yang diwakili oleh Sekda III Provinsi Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Kadis LHK Aceh, Kabiro Umum Setjen KLHK, UPT KLHK lingkup Aceh-Sumut; dan mitra kerja sama. Tak hanya itu, puluhan UPT Taman Nasional dan BKSDA di seluruh Indonesia, akademisi dan mitra ikut menyaksikan secara daring dan mengucapkan selamat atas kepindahan kantor BBTN Gunung Leuser.

“Momen yang ditunggu rakyat Aceh sejak belasan tahun yang lalu……. Semoga membawa keberkahan untuk semua…Bravo TNGL”, komentar Sapto Aji Prabowo, Direktorat PJLHK.

“Keren kantornya, selamat ya pak Jefri”, ujar Dudi, TN Ujung Kulon.

Semoga kepindahan kantor  BBTN Gunung Leuser ke Banda Aceh ini dapat mengembangkan pengelolaan dan kerjasama-kemitraan berbasis 3M (mutual respect, mutual trust, dan mutual benefits) dengan seluruh pihak terkait dan komponen masyarakat Aceh dan Sumatera Utara.

” Ini masih sementara, sambil menunggu gedung baru yang representatif untuk pegawai kita, termasuk arsip dan segala perlengkapan kantor”, ujar Kepala BBTN Gunung Leuser, Jefry Susyafrianto.

Peresmian penandaan kepindahan Kantor Balai Besar TNGL ke Banda Aceh ini diharapkan tidak mengganggu proses pelayanan dan administrasi perkantoran Balai Besar TNGL, oleh karena itu akan dilaksanakan secara bertahap dan diikuti rangkaian kegiatan lanjutan, yaitu: a) Pengembangan fungsi pelayanan kantor Balai Besar TNGL di Banda Aceh, b) Pemindahan dokumen administrasi kantor dari Kota Medan ke Kota Banda Aceh, c) Mobilisasi pegawai, d) Mobilisasi sarana pendukung kantor dari Medan ke Banda Aceh, dan e) Peningkatan jumlah dan kualitas sarana prasarana operasional kantor.

Terkait kepindahan ini, kantor BBTN Gunung Leuser di Jl. Selamat, Medan Amplas, dinyatakan masih aktif sampai sepenuhnya beroperasi di kota Banda Aceh pada akhir tahun 2022 nanti. Insya Allah.

[teks&foto ©bbtngl|1602021]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories