(Aceh Tenggara, November 2020) Petugas resor Lawe Alas, Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah IV Badar bersama mitra YEL-SOCP melepasliarkan satu individu orangutan Sumatera (Pongo abelii) ke kawasan TN Gunung Leuser, pada Kamis (26/11).

Orangutan Sumatera ini sebelumnya kedapatan warga berada di kebun masyarakat di desa Deleng Kukusen, kec. Lawe Alas, kab. Aceh Tenggara.

Sakiman Pinim, pemuda setempat melaporkan keberadaan orangutan Sumatera ini melalui akun medsos pada Rabu(25/11). Ia mengkhawatirkan keselamatan satwa liar yang dilindungi ini.

Admin medsos segera meneruskan laporan kepada call centre BBTNGL yang ditindaklanjuti dengan pengecekan langsung Kepala Resor Lawe Alas, Supri Helmi ke lokasi.

‘Benar, saat tiba di lokasi, orangutannya sedang tidur di sarang, di atas bambu itu’, ujar Supri.

Tim BKSDA Aceh dan YEL-SOCP tiba di lokasi pada Kamis pagi. Drh. Yeni (YEL-SOCP) melakukan observasi dan pemeriksaan terhadap orangutan tersebut. Terdapat luka ringan di bagian tangan dan pipinya, namun secara keseluruhan kondisinya layak untuk dilepasliarkan saat itu juga.

Setelah mendapat pengobatan dan pemberian vitamin, tim membawa satwa langka berambut coklat ini dengan perahu dan mengembalikannya ke habitat alaminya di blok hutan Serakut, resor Muara Situlen, Seksi Pengelolaan TN Wilayah IV Badar, Aceh Tenggara.

[Teks & foto ©BBTNGL,supri helmi | 26112020]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories