Taman Nasional Gunung Leuser menjadi lokasi penyelenggaraan Small Grants Programme (SGP) by Asean Centre for Biodiversity bersama mitra. Termasuk diantaranya YOSL-OIC dengan program “ Promoting Agribusiness and Small & Medium Enterprise (SME) Development as Alternative Livelihood of Communities Around Gunung Leuser National Park Area III ” yang dilaksanakan sejak April 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan skema mata pencaharian alternatif bagi masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser. Fokus kegiatan meliputi 3 desa yaitu desa Telagah (wilayah SPTN V Bahorok) serta Desa Bukit Mas dan Halaban (wilayah SPTN VI Besitang). 

Kali ini kita intip kegiatan di desa Bukit Mas, Kec. Besitang, Kab. Langkat, bersama 10 orang peserta yang merupakan kaum ibu yang memiliki semangat belajar dan berusaha. Ada Polhut dan Penyuluh BBTNGL yang ikut mendampingi kegiatan tersebut. BUMDes dan perangkat desa Bukit Mas pun tentu saja dilibatkan dalam kegiatan itu.

“Melalui kegiatan ini kita berharap kelompok ibu-ibu ini dapat memasarkan produk jahe keluar dari desa Bukit Mas bahkan keluar dari Besitang” sambut Agus mewakili BUMDes.

Manager Community Development OIC, Binur Naibaho yang menjadi panitia kegiatan menyebutkan bahwa kelompok Ibu-ibu Bukit Mas sudah berhasil memenuhi kebutuhan dapur dari hasil menanam di pekarangan dan sekarang ingin berfokus untuk meningkatkan kebutuhan ekonomi dengan cara memasarkan produk jahe.

“Peluang ekonomi di masa pandemi sekarang adalah jahe. Sebelumnya sudah diajarkan kepada ibu-ibu bagaimana proses pengolahan jahe dan siap untuk dipasarkan”, ujarnya.

Salah satu peserta, Ibu Irma merasa sangat antusias dengan adanya pelatihan ini. “Dengan adanya pelatihan ini kami ibu-ibu jadi tau bagaimana cara berjualan. Dapat materi materi yang bagus juga” ujarnya.

Pada pertemuan kali ini peserta mendapat materi ‘Pengembangan Usaha dan Perencanaan Usaha BUMDes/Kelompok’ dari Idham Edo, BUMDesa-SME’S Specialist. Selain itu, mereka pun berdikusi kelompok dan ikut praktek mengayak jahe merah.

[teks &foto ©bbtngl, OIC| 140122|riski]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories