(TN Gunung Leuser,  Januari 2020). Dalam rangka mendukung pemulihan ekosistem sebagai upaya penyelesaian konflik tenurial kawasan TN Gunung Leuser di wilayah Besitang,, Balai Besar TN Gunung Leuser dengan support Yayasan Pesona Tropis Alam Indonesia (PETAI) menggelar kegiatan Sosialisasi Kemitraan Konservasi kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Langkat, pada Senin (20/1) di Stabat.

Hadir dalam pertemuan ini para pihak yang tergabung dalam FORKOPIMDA yaitu Bupati Langkat yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Langkat, Kejaksaan Negeri Langkat, KODIM 02/03 Langkat, Danramil Besitang, Polres Langkat, Polsek Brandan dan Besitang, Camat Besitang, Camat Sei Lepan, Kepala Desa Pir ADB; UPT Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Balai Besar TNGL, Balai Besar KSDA Sumut, Balai Gakkum Sumatera, BPDAS WSU), KPH Wil-1 Stabat, pendamping masyarakat serta perwakilan kelompok tani hutan konservasi (KTHK).

Asisten 1, Abdul Karim, menyampaikan paparan mengenai “Peran Strategis Pemerintah Kabupaten Langkat dalam mendukung Perlindungan TNGL”. Sedangkan Kepala Bidang Teknis BBTNGL, Adhi Nurul Hadi, memaparkan progress Kemitraan Konservasi di TNGL. Selanjutnya program yang akan dilaksanakan oleh Yayasan PETAI terutama di resor Sekoci dipaparkan oleh Masrizal Saraan.

Para pihak bersepakat mendukung implementasi kemitraan konservasi melalui peran masing-masing. Pendampingan dan penegakan hukum oleh pihak-pihak terkait mengedepankan prinsip berkeadilan. Sinergi dan kolaborasi para pihak menjadi bagian penting dalam upaya menyukseskan kemitraan konservasi sebagai salah satu program strategis pemerintah Indonesia saat ini.

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives