Letak administrasi

Stasiun Penelitian Suaq Belimbing terletak di Desa Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Secara pengelolaan, kawasan ini berada di Resor Kluet Selatan, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kluet Utara, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Tapaktuan.

Penetapan

Keputusan Kepala Balai Besar TNGL Nomor SK.45/T.3/BIDTEK/P2/03/2019 tanggal 13 Maret 2019

Fungsi

  1. Sebagai lokasi penelitian dengan fokus penelitian orangutan sumatera serta jenis-jenis penelitian lainnya
  2.  Site monitoring orangutan sumatera (SK Kepala Balai Besar TNGL Nomor : SK.456/BBTNGL-1/2015 tanggal 19 Desember 2014)

Luas

1.160 ha dengan jumlah perkiraan orangutan sumatera di site monitoring Suaq Belimbing sebanyak 107 individu

Koordinat

03°02’50,5’’ LU dan 097°25’02,0’’ BT

Aksesibilitas

Medan – Tapaktuan – Suaq Belimbing

Moda transportasi

Menggunakan angkutan umum (berangkat pukul 20.00 WIB, dari Medan -Tapaktuan) :

  1. CV. Puri Jaya Tour : Jl. Puri No. 170 Medan
  2. Mustika : Jl. Puri No. 167 Medan
  3. Simpati Star : Jl. Gagak Hitam, Medan

Kemudian dilanjutkan dengan angkutan regular mobil L300 rute Tapaktuan – Bakongan, turun di Desa Bakongan. Perjalanan dilanjutkan melalui jalur sungai dengan boat

Tata Tertib Peneliti/Pengunjung:

  1. Wajib melapor kepada Manajer Stasiun dengan menyerahkan SIMAKSI
  2. Wajib didampingi oleh petugas stasiun penelitian
  3. Wajib menjelaskan rencana kegiatan penelitian kepada pendamping sebelum kegiatan penelitian dimulai.
  4. Menuliskan kegiatan harian penelitian di buku catatan harian (logbook)
  5. Saling toleransi, bersikap sopan santun serta perhatian antara pengunjung, peneliti dan pengelola di stasiun penelitian dan selama melaksanakan kegiatan, pengunjung dan peneliti dilarang mengganggu, merubah, atau merusak ekosistem kawasan antara lain melakukan penebangan pohon, melukai pohon, mengganggu kesejahteraan satwa, membunuh satwa, membuat suara menyerupai satwa, dan memberikan makanan kepada satwa.
  6. Dilarang membawa alkohol dan NARKOBA yang tidak mendukung kegiatan penelitian dan atau pengambilan sampel.
  7. Dilarang melakukan hal-hal yang mengganggu kenyamanan aktivitas di stasiun penelitian seperti berkelahi, melakukan kekerasan, mengganggu dan menyalahgunakan hak milik orang, membuat kegaduhan merusak atau menghancurkan properti umum dan milik orang lain.
  8. Dilarang meninggalkan stasiun penelitian tanpa sepengetahuan Manajer Stasiun Penelitian.
  9. Wajib menjaga kebersihan stasiun penelitian dengan membuang sampah dalam tempat yang disediakan atau dibawa saat meninggalkan stasiun penelitian.
  10. Dilarang membuang sampah atau benda-benda tidak mudah larut air ke dalam toilet di pipa pembuangan (seperti putung rokok, plastik, kain, dll).
  11. Pengunjung dan peneliti menggunakan sarana dan prasarana sesuai dengan pengaturan oleh Manajer Stasiun Penelitian.
  12. Pengambilan data dilapangan yang dilakukan oleh peneliti wajib sepengetahuan Pendamping Penelitian.
  13. Bagi peneliti yang akan mengambil sampel wajib mengisi catatan pengambilan sampel
  14. Peneliti wajib melaporkan catatan pengambilan sampel kepada Manajer Stasiun Penelitian pada hari terakhir kegiatan penelitian.
  15. Jumlah dan jenis sampel yang diambil harus sesuai dengan SK Pengambilan Sampel, apabila ada kelebihan pengambilan jenis dan jumlah sampel oleh peneliti maka kelebihan tersebut diserahkan dan disimpan oleh Manajer Stasiun Penelitian untuk penanganan lebih lanjut.
  16. Kegiatan perizinan dan pelaporan khusus peneliti wajib mengikuti tata cara yang diatur secara terpisah.

Kondisi Fisik

Kawasan ini memiliki kondisi topografi dengan suhu udara rata-rata 21,1ºC – 27,5 ºC. Kelembaban nisbi 80 – 100 %. Musim hujan merata sepanjang tahun tanpa musim kering yang berarti dengan curah hujan rata-rata 2000 – 2600 mm per tahun. Topografi kawasan, merupakan dataran rendah dan perbukitan dengan kemiringan bervariasi (45 – 90 %). Memiliki tipe ekosistem dataran rendah (rawa) dan perbukitan.  Stasiun Penelitian didominasi jenis tanah organosol dan glei humus serta regosol.

Kondisi Ekologi

Kawasan ini termasuk ke dalam Zona Tropika (termasuk zona Colline, terletak 500 – 1000 mdpl). Zona Tropika merupakan daerah berhutan lebat ditumbuhi berbagai jenis tegakan kayu yang berdiameter besar dan tinggi sampai mencapai 40 meter. Pohon atau tegakan kayu tersebut digunakan sebagai pohon tumpangan dari berbagai tumbuhan jenis liana dan epifit yang menarik, seperti anggrek, dan lainnya. Selain itu terdapat jenis flora berupa pandan-pandanan (pandanus), rotan dan berbagai jenis dari tumbuhan palmae. 

Fauna yang dapat ditemui ditempat ini diantaranya yaitu harimau Sumatera ( P a n t h e r a tig ris s u m a t r a e ), Orangutan Sumatera ( P o n g o a b elii ), Siamang ( H ylo b a t e s s y n d a c t ylu s syndactylus ), Owa ( H ylo b a t e s la r ), Kedih ( P r e s b y tis t h o m a si ). Terdapat juga satwa liar berupa rusa sambar, kijang, kancil, beruang, landak dan trenggiling. Selain itu terdapat berbagai jenis burung, terutama jenis Rangkong Badak, Rangkong Hitam, Raja Udang Meninting, Sri Gunting, Elang Hitam ( Ictinaetus malayensis ) dan sebagainya

Kondisi Sosial, Ekonomi dan Budaya

Mayoritas masyarakat Desa Pasie Lembang merupakan nelayan atau petani dan sebagian kecil adalah  pedagang. Penduduk Desa Pasie Lembang dapat mendukung kegiatan penelitian dalam bentuk pemberdayaan sebagai asisten peneliti yang difungsikan dalam kegiatan pengambilan data di lapangan bersama dengan peneliti. Masyarakat sekitar stasiun penelitian merupakan masyarakat multi etnis. Berdasarkan data sosial dan budaya, mayoritas suku Aceh, Jame dan Kluet dengan agama mayoritas Islam. Dari segi kesejahteraan ekonomi, sebagian masyarakat masih belum sejahtera.

Sarana dan Prasarana di dalam site

Kantor, mess peneliti, menara pemantauan, genset, life jacket, speedboat, box penyimpanan, trail pengamatan orangutan sumatera

Layanan umum terdekat

Pasar, Puskesmas, Bank

Contact Person

Manager  Stasiun Penelitian Suaq Belimbing:

Arif Syaifudin

+62 812-8189-4580

[email protected]

[email protected]

[email protected]