Petugas Resor Bakongan dan masyarakat lakukan kegiatan survei HHBK

(Danau Laot Bangko, September) Kegiatan Survei inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) khususnya ikan dilaksanakan oleh Petugas Resor Bakongan, SPTN Wilayah II Kluet Selatan, BPTN Wilayah I Tapaktuan dengan melibatkan masyarakat desa Ujung Mangki, selama 8 hari sejak 20 sampai dengan 28 September 2022.

Metode survei yang digunakan yaitu pengamatan pada 3 titik sungai yaitu hulu, tengah dan hilir. Perekaman data dilakukan selama 4 jam pada masing-masing titik sebanyak 2 kali ulangan. Alat tangkap yang digunakan berupa jaring, pancing (katrol, bambu, rawe), bubu (untuk jenis ikan dan udang).

Jumlah tangkapan sebanyak 163 ekor, dengan rincian tangkapan pertama sebanyak 80 ekor dan ulangan kedua sebanyak 83 ekor. Jumlah jenis yang berhasil diidentifikasi sebanyak 13 jenis, yaitu: Paitan, keubare, merah mata, patin, gedawah, pagap bate, paitan merah, gedebang, groo, lele, gabus, sepat dan besi-besi. Jenis yang mendominasi yaitu: paitan, patin, dan merah mata.

13 jenis ikan teridentifikasi dalam survei ikan di Danau Laot Bangko

Melalui kegiatan survei ikan ini, diharapkan tersedia informasi jenis-jenis ikan yang ada di Danau Laot Bangko yang akan menambah khazanah potensi wisata Danau Laot Bangko sebagai salah satu destinasi wisata di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.
[ Teks & foto ©bbtngl, yaskur ]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories