Ikut serta dalam Workshop Peningkatan Kapasitas Percepatan Penurunan Emisis GRK di Aceh (21-22/11/2022) (Dok. TNGL)

(Banda Aceh, November 2022) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) telah berpartisipasi dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) terutama di Provinsi Aceh. Partisipasi ini ditandai dengan disahkannya Keputusan Gubernur Aceh Nomor 180/1434/2022 tentang pembentukan tim percepatan penurunan emisi gas rumah kaca dan nilai ekonomi karbon berbasis yurisdiksi. Pada keputusan gubernur ini Kepala Balai Besar TNGL, Dr. U. Mamat Rahmat, S.Hut., MP. diberikan kepercayaan menjadi komisi teknis. Komisi teknis dalam percepatan penurunan emisi GRK mendapat tugas sebagai pengarah teknis, melakukan koordinasi pengelolaan, dan menetapkan keputusan hasil perhitungan manfaat program.

“Ini merupakan suatu wujud eratnya hubungan antara TNGL dan Provinsi Aceh. Momentum seperti ini harus terus diciptakan untuk menyatukan kekuatan dalam mencapai tujuan bersama, melindungi ekosistem hutan di Aceh. TNGL akan mendukung dan berpartisipasi aktif dalam penurunan emisi GRK di Indonesia terutama di Aceh”, tutur Dr. Rahmat setelah mengikuti workshop peningkatan kapasitas tim percepatan penurunan emisi GRK di Hotel Hermes Palace Banda Aceh.

Kepala Balai Besar TNGL, Dr. U. Mamat Rahmat, S.Hut., MP. dan Kepala Bidang Teknis Konservasi TNGL, Andrinaldi Adnan, S.Hut., M.Sc. dalam kegiatan Workshop GRK di Aceh (21-22/11/22) (Dok. TNGL)

TNGL selama ini telah melaksanakan pengurangan emisi GRK. Pengurangan GRK kami lakukan dengan pelaksanaan pemulihan ekosistem. Pemulihan ekosistem di TNGL dilakukan dengan melakukan rehabilitasi hutan dengan mekanisme kemitraan konservasi. Penanaman pohon saat ini telah dilakukan dalam luas 7.370 ha. Luas ini merupakan 80,96% dari total wilayah yang akan dilakukan pemulihan ekosistem. TNGL dalam pemulihan ekosistem memiliki target seluas 9.103 ha hingga tahun 2023, sambung Kepala Bidang Teknis Konservasi Taman Nasional Gunung Leuser, Andrinaldi Adnan, S.Hut., M.Sc.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh Senin (21/11/2022) sebagai wujud keseriusan dalam melaksanakan percepatan penurunan emisi gas rumah kaca menggelar workshop peningkatan kapasitas tim percepatan penurunan emisi GRK. Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari bertempat di Hotel Hermes Palace Banda Aceh. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tim serta menyusun arah dan langkah pelaksanaan percepatan penurunan emisi GRK di Aceh. Workshop ini dihadiri oleh DLHK beserta jajaran Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), UPT KLHK di Aceh, dan beberapa organisasi lingkungan hidup dan kehutanan yang aktif berkontribusi di Aceh.

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories