(Rantau Sialang, Januari 2022) Petugas Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah II Kluet Utara menemukan satu sarang penyu lekang (Lepidochelys olivacea) pada Jumat (7/1) malam.

Pada sarang tersebut terdapat telur penyu sejumlah 50 butir. Sarang penyu lekang ditemukan oleh petugas sekitar pukul 22.20 WIB pada saat melakukan patroli malam di Pantai Rantau Sialang, Desa Pasie Lembang, Kec. Kluet Selatan, Kab. Aceh Selatan.

Puluhan telur ini kemudian direlokasi ke bak penetasan di Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang dan diperkirakan akan menetas pada tanggal 23 Februari 2022.

“Saat ini, jumlah telur yg sudah berhasil di inkubasi di bak penetasan mencapai 246 butir yang terdiri atas 68 butir penyu belimbing dan 178 butir penyu lekang”, jelas Soloon Tanjung, Kepala Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang. 

Musim peneluran di pantai Rantau Sialang masih berlangsung hingga Maret 2022. Dengan demikian, kegiatan patroli malam akan terus dilakukan sebagai upaya penyelamatan penyu sebagai satwa dilindungi sekaligus untuk mengintervensi aktivitas perburuan telur penyu. 

[Teks : S. Tanjung, Foto : Masri ©bbtngl|08012022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories