(Bohorok,  Desember 2020) Konflik satwa liar dan manusia terjadi lagi di kab.Langkat, provinsi Sumatera Utara. Kali ini lokasi konflik di dusun Selayang, desa Lau Damak, kec. Bohorok. Seekor harımau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) memangsa 2 ekor lembu warga, pada Jumat (25/12). 

Kejadian bermula sekitar jam 8 pagi, dua orang warga hendak mengangon lembunya. Kaget, dua ekor hewan ternak mereka  ditemukan telah mati. Melihat kondisi bangkai dan jejak di lokasi, warga menduga ternaknya dimangsa harimau. 

Video harimau sumatera menyeret hewan ternak di Bohorok 

Petugas TN Gunung Leuser yang menerima laporan dari masyarakat bergerak cepat untuk memastikan kebenaran informasi dan segera berkoordinasi dengan BBKSDA Sumatera Utara, WCS-IP dan pihak-pihak terkait.

Sebanyak 6 unit kamera trap milik YHUA dipasang untuk memastikan pergerakan satwa. Hasilnya, sosok belang itu pun nampak menyeret korban konflik yaitu hewan ternak warga. Lokasi kejadian berada sekitar 1,6 km dari batas kawasan TN Gunung Leuser.

Konflik harimau di kab. Langkat bukan yang pertama kali terjadi. Sepanjang tahun 2020, harimau sumatera juga pernah memangsa hewan ternak pada bulan Mei. Beritanya disini

Kejadian ini lagi-lagi menjadi perhatian BBKSDA Sumut, BBTN Gunung Leuser, Pemda setempat, mitra dan seluruh pihak termasuk masyarakat, untuk bersama-sama menangani permasalahan yang kerap berulang. 

[teks© bbtngl, video ©YHUA |30122020|elisa]

 

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives