(Timbang Jaya, Bahorok,  September 2022), Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah V Bahorok bersama Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia kembali melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Kelompok Binaan di Desa Timbang Jaya pada hari Sabtu tanggal 24 September 2022.

Pada kesempatan ini hadir sebagai narasumber petugas TNGL yang juga bertindak sebagai Kepala SKBL, Jhon Maruli Purba. Dalam paparannya, Jhon menyampaikan pentingnya membentuk branding sebagai ciri khas produk dari suatu destinasi wisata, branding dari suatu merchandise menjadi satu kesatuan antara destinasi, pengunjung dan keberlanjutan ekowisata.

“Merchandise menciptakan kenangan antara pengunjung dengan tempat yang pernah dikunjunginya,sehingga kekhasan merchandise menjadi suatu keniscayaan yang wajib dihadirkan oleh rekan-rekan dari Kaya Ecoprint” ujarnya.

‘Kaya ecoprint’ dari Desa Timbang Jaya ini telah mengalami banyak kemajuan dalam pengembangan produk. Semula hanya menghasilkan produk berupa kain,tetapi saat ini telah menghasilkan pakaian, tumbler, ikat kepala, pasmina, tas dan hiasan dinding. Melalui pelatihan ini diharapkan para anggota dapat menciptakan produk-produk unggulan yang menjadi ciri khas Bukit Lawang. Tentunya promosi juga menjadi bagian penting dalam pemasaran produk ke depannya.

Harapannya, daya saing produk masyarakat khususnya desa penyangga terus meningkat dalam usaha tekstil ecoprinting skala nasional dan internasional, sehingga masyarakat tidak lagi  sepenuhnya bergantung terhadap hasil sumber daya alam yang ada di TN Gunung Leuser.

[Teks & foto © bbtngl, JhonMP| 24092022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories