(Aceh Selatan, Juni 2020) Satu individu harimau Sumatra kembali menikmati alam bebas setelah dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, pada Sabtu (20/6), sekitar jam 9.00 wib.

Sepekan yang lalu, satwa bernama latin Panthera tigris sumatrae ini, masuk perangkap BKSDA Aceh di Desa Jamboe Dalem, Kec. Trumon Timur, Kab. Aceh Selatan.

Harimau Sumatra berjenis kelamin betina dengan perkiraan usia 5 – 6 tahun dan panjang sekitar 2 meter ini sengaja ditangkap karena berkeliaran di kebun warga dan memangsa ternak mereka.

Setelah dirawat beberapa hari, satwa dengan status konservasi terancam punah ini dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan. “Nek Rimueng” sebutan masyarakat Aceh untuk harimau ini diangkut menggunakan perahu motor cepat.

Setelah pintu kerangkeng dibuka, harimau Sumatra yang kemudian ole BKSDA Aceh diberi nama Ida ini sempat diam beberapa detik kemudian melompat cepat ke dalam hutan.

Kegiatan pelepasliaran digelar bersama oleh BKSDA Aceh, BBTNGL, WCS-IP, FKL, POLRI, UNSYIAH, Pers, masyarakat dan pemerintah setempat. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung Ida selamat kembali ke habitatnya.

[teks&foto @bbtngl, efa wahyuni | 210620]

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives