Tapaktuan | Seekor Gajah Sumatera turun melintasi pemukiman penduduk di Desa Jambo Keupok, Kecamatan Kota Bahagia, Kabupaten Aceh Selatan pada Senin, (20/9/2021).

Turunnya Gajah Sumatera di wilayah tersebut tentunya mengagetkan warga setempat. Sebab, belum lama waktu berselang di desa sebelahnya_Desa Alur Duamas_, seekor Badak Sumatera dijumpai warga.

Petugas Resort Bakongan, Jibril, mengatakan pemicu turunnya satwa kunci sumatera ini belum diketahui penyebabnya (belum adanya kajian).

“Perlu secepatnya dilakukan kajian tentang lingkungan di daerah konflik tersebut” pungkasnya.

Jika ditinjau berdasarkan sumber pendapatan ekonomi masyarakat di daerah ini memiliki mata pencaharian di bidang pertanian dan perkebunan.

Masyarakat mengembangkan jenis tanaman budidaya seperti tanaman pangan berupa padi dan palawija. Sedangkan untuk tanaman perkebunan diantaranya jenis tanaman keras (tanaman tahunan) seperti pinang, kelapa dalam, kelapa sawit, durian, rambutan, jengkol dan sebagainya.

Umumnya lahan garapan masyarakat tani ini berada di dalam blok APL (areal penggunaan lain). Meski demikian, tidak sempit kemungkinan sebagian lahan garapan tersebut telah menyentuh dan masuk di dalam Kawasan HPT (hutan produksi terbatas), HL (hutan lindung) dan kawasan TN. Gunung Leuser.

Kegiatan penghalauan (pengusiran) Gajah Sumatera tersebut kembali menuju kawasan hutan berhasil dilakukan secara kolaboratif oleh tim gabungan diantaranya Resort Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan, BKSDA ACEH, BPTN Wilayah I Tapaktuan, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dan lembaga mitra WCS – IP.

Gelar kegiatan respon konflik ini berakhir pada Rabu, (22/9/2021).

[Teks & Foto : Efa, Wahyuni – Jibril|bbtngl|26092021]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories