(Medan,  September 2021) Balai Besar TN Gunung Leuser didukung WCS-IP menggelar kegiatan ‘Penilaian Efektivitas Pengelolaan TN Gunung Leuser (METT dan Community Development Scorecard) Tahun 2021’. 

Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan penilaian kali ini pertama kalinya digelar secara virtual selama 3 hari, 21-23 September 2021.

Lokasi utama penyelenggaraan kegiatan penilaian Manajemen Effectiveness Tracking Tool (METT) dan CD-Scorecard di kantor BBTN Gunung Leuser, Medan. Acara dibuka secara resma oleh Plt. Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser, Adhi Nurul Hadi. Tak hanya Pegawai lingkup BBTN Gunung Leuser, tentu saja kegiatan ini melibatkan UPT KLHK, pemerintah daerah dan mitra kerjasama terkait.

Pada hari pertama, peserta dibagi ke dalam tiga breakout room sesuai wilayah kerja masing-masing. Di setiap breakout room, terdapat fasilitator yang membantu dan memfasilitasi peserta dalam melakukan penilaian METT, baik mengisi lembar data maupun lembar ancaman dan penilaian itu sendiri. Terlihat dinamika di setiap breakout room yang ditandai dengan perdebatan positif dalam menguatkan alasan di setiap komentar penilaian.

Hari berikutnya, peserta dibantu setiap fasilitator masih melanjutkan penilaian METT di setiap breakout room. Siangnya digelar pleno di ruang utama virtual meeting melibatkan seluruh peserta. Fasilitator Fitri Noor (BBKSDA Sumut) menghimpun dan membantu peserta untuk memberikan penilaian yang relevan dan sesuai dengan kondisi pengelolaan TN Gunung Leuser saat ini.

Hari ketiga,  penilaian CD-Scorecard dimulai. Sebelumnya fasilitator Masrizal Saraan (Yayasan PETAI) memberikan pengantar terkait CD Scorecard sebagai tools penilaian/pengembangan organisasi di kawasan konservasi. Kemudian peserta masih dibagi ke dalam tiga breakout room namun tidak berdasarkan bidang wilayah. Kali ini pembagian berdasarkan Wilayah Strategis Dukungan. Diskusi dan penilaian di setiap breakout room berlangsung dinamis. Penilaian CD Scorecard selesai di sore hari melalui pleno di main room ZM. 

Di akhir acara, Plt Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser menyampaikan terimakasih atas kerjasama seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga mengapresiasi fasilitator dan panitia yang telah menyiapkan sumber daya yang ada. Harapan kita, penilaian ini dilakukan secara tepat, objektif dan transparan sehingga hasılnya menjadi bahan evaluasi untuk pengelolaan TN Gunung Leuser yang lebih baik dalam mencapai tujuan pengelolaan.  

[teks&foto ©bbtngl, wcs-ip|24092021|ahtu]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories