(Tapaktuan, Maret 2020) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser melalui Bidang Pengelolaan TN Wilayah I Tapaktuan, melakukan kegiatan visit to school pada tanggal 10 s.d 12 Maret 2020. Gelaran pendidikan konservasi dan lingkungan ini dilaksanakan di 3 lokasi yaitu SD Negeri Pucuk Lembang, SD Negeri Suenbok Keuranji dan SD Negeri 3 Bakongan. Ketiganya berada di desa yang berbatasan langsung dengan kawasan TN Gunung Leuser.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian lingkungan hidup dan hutan, terutama yang berada di sekitar kawasan konservasi TN Gunung Leuser. Melalui kegiatan ini, diperkenalkan dasar-dasar konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya.

Beberapa pegawai Bidang Pengelolaan TN wilayah I Tapaktuan yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Arif Saifudin, Achmad Yaskur, Efa Wahyuni, Musrizal, Didi Junaidi, Wahidin, Jibril, Iis Darniati, Merlisa Fitriyana, Riska Rosanaya dan Yuliyanti. Diantaranya ikut menyampaikan materi tentang potensi keanekaragaman hayati yang ada di kawasan TNGL, khususnya satwa kunci yaitu orangutan sumatera yang ada di Stasiun Penelitian Suaq Belimbing dan penyu belimbing, penyu abu-abu serta penyu sisik yang ada di Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang.

Untuk menambah keceriaan bagi anak-anak sekolah dasar serta guru pendamping yang hadir, turut diputar film promosi TNGL, game edukasi dan door prize berupa merchandise dari Taman Nasional Gunung Leuser.

Kegiatan visit to school di 3 sekolah dasar ini, diikuti oleh sebanyak 105 siswa/i dan 6 guru pendamping. Animo para peserta cukup tinggi, dengan banyaknya pertanyaan seputar Taman Nasional Gunung Leuser, fungsi dan manfaat kawasan bagi sekitar, peran petugas dalam konservasi kawasan, kontribusi yang dapat dilakukan oleh generasi milenial dan para guru sebagai pendidik.

[teks&[email protected] | Tim Tapaktuan| 31032020| FS]

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives