(Jakarta, September 2021) Balai Besar TN Gunung Leuser dan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Medan resmi menjalin kerja sama penguatan fungsi konservasi keanekaragaman hayati, pada Rabu (29/9).

Perjanjian kerja sama diteken Plt. Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser, Adhi Nurul Hadi dan Ketua Pengurus YEL Medan, Kusnadi di Ruang Rapat Direktorat Jenderal KSDAE, Jakarta.

Kerja sama yang dijalin bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan peran serta  terkait upaya konservasi orangutan dan habitatnya di Sumatera Utara melalui keterlibatan berbagai pihak secara kolaboratif.

” Ruang lingkupnya pada dukungan penguatan kelembagaan dan pengawetan flora fauna, terutama orangutan Sumatera”, ujar Adhi Nurul.

Sebelumnya, Direktur Jenderal KSDAE Wiratno menandatangani Nota Kesepahaman antara Direktur Jenderal KSDAE dan Ketua Pengurus YEL, yang menjadi dasar perpanjangan kerjasama yang telah terjalin sebelumnya antara BBTN Gunung Leuser dan YEL Medan. Wiratno mengingatkan implementasi kerjasama harus mengacu pada RPP dan RKT. ” Dalam pelaksanaan kerjasama, libatkan UPT, pemda dan pemerintah desa”, arahannya.

“Perlu transparansi sumber pendanaan dan jangan lupa prinsip kehati-hatian dalam pemberitaan di medsos”, tambah pak Dirjen.

Semoga dengan adanya dukungan program konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem secara berkelanjutan melalui kerja sama ini pengelolaan TN Gunung Leuser semakin baik dan manfaat.

[teks&foto @bbtngl|29092021]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories